Jokowi Minta Satgas Publikasikan Tingkat Kepatuhan Masyarakat Memakai Masker

    Reporter Tribunnews Taufik Ismail

    TRIBUNNEWS. KOM, JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mempublikasikan hasil pemantauan tingkat kepatuhan masyarakat di daerah terhadap penggunaan masker.

    Demikian disampaikan Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Letjen Ganip Warsito usai rapat terbatas dengan Presiden, Selasa (6/7/2021).

    “Untuk penegakan protokol kesehatan, presiden memerintahkan saya untuk mempublikasikan hasil pemantauan kepatuhan penggunaan masker di daerah dan kepatuhan institusional terhadap pelanggaran protokol kesehatan,” kata Ganip.

    Pihaknya, kata jenderal bintang tiga itu, akan segera mempublikasikan tingkat kepatuhan masyarakat dalam memakai masker dan kepatuhan institusional terhadap protokol kesehatan, per wilayah.

    Menurutnya, ada 20 provinsi dengan rata-rata kepatuhan di bawah 85 persen.

    Baca juga: Presiden Jokowi Review Asrama Haji Pondok Gede Dialihkan Jadi RS Covid-19

    Baca Juga: Konsultasi Kesehatan dan Pengobatan Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19 Melalui Fasilitas Telemedicine, Begini Caranya

    “Standar kepatuhan melalui sistem kami adalah 85 persen. Jadi sampai satu minggu terakhir masih ada 20 provinsi dengan kepatuhan rata-rata di bawah 85 persen, kemudian untuk kepatuhan kelembagaan seperti itu,” ujarnya.

    Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 atau Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito. (Tribunnews.com/ Reynas Abdila)

    Selain itu, terkait kepatuhan social distancing, kata Ganip, ada 20 provinsi yang masih di bawah standar 85 persen.

    Kemudian mengenai kepatuhan kelembagaan, terdapat 78 kabupaten/kota yang persentasenya tergolong tidak patuh.

    “Nanti secara detail angka kepatuhan yang kami publikasikan melalui tim media komunikasi kami akan lebih detailnya,” pungkasnya.



    https://www.tribunnews.com/seleb/2021/07/07/jokowi-minta-satgas-publikasikan-tingkat-kepatuhan-masyarakat-pakai-masker