Jumlah penderita Covid-19 di Lampung hampir 50 ribu kasus

    Terjadi penurunan jumlah kasus positif di wilayah Lampung dalam beberapa pekan terakhir.

    REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG — Selama lebih dari setahun pandemi Covid-19 di Lampung, jumlah pasien positif mencapai 49.064 orang, sembuh 43.491 orang, dan meninggal 3.774 orang. Terjadi penurunan jumlah kasus positif di wilayah Lampung dalam beberapa pekan terakhir.

    Pada Kamis (30/9), data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menyebutkan ada penambahan 31 kasus positif, penambahan 46 pasien sembuh, dan pasien meninggal bertambah 6 orang. Angka kesembuhan pasien positif sebesar 88,64 persen, dan angka kematian sebesar 7,69 persen.

    Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung, Dr Reihana mengatakan, jumlah kasus positif Covid-19 di Lampung terus menurun dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini juga terlihat dari jumlah pasien positif yang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19. Namun, masih ada yang dirawat,” kata Reihana dalam keterangan pers, Kamis (30/9).

    Ia mengatakan, ketersediaan tempat tidur pasien positif Covid-19 di Lampung sebanyak 1.807 unit tempat tidur, pasien Covid-19 yang dirawat sebanyak 113 unit tempat tidur, dan sisa tempat tidur yang tidak terpakai sebanyak 1.694 unit tempat tidur.

    Reihana yang juga Kepala Dinas Kesehatan Lampung mengatakan, ada 33 tempat tidur dengan ventilator di ruang isolasi tekanan negatif yang tersebar di 10 rumah sakit. Sementara tempat tidur dengan ventilator di ruang isolasi biasa masih tersedia di 13 unit yang tersebar di tiga rumah sakit.

    Dikatakannya, dari 15 kabupaten/kota di Lampung, semuanya sudah berada di zona kuning, dengan pelaksanaan PPKM level 2 dan 3. Sementara itu, hasil evaluasi Kemenkes menyebutkan Provinsi Lampung berada pada level 1. atau zona aman hijau di Sumatera.

    Terkait penambahan pasien positif sebanyak 31 orang pada Kamis (30/9), katanya berasal dari Lampung Tengah (2), Lampung Selatan (3), Pringsewu (4), Pesawaran (1), Lampung Timur (2), Lampung Barat. (8 ), Bandar Lampung (10), dan Metro (1).

    Sedangkan realisasi vaksinasi Covid-19 di Lampung, Reihana mengatakan pada dosis pertama sudah mencapai 1.375.023 orang atau 20,69 persen dari total target vaksinasi di Lampung sebanyak 6.645.226 orang. Ia mengatakan akan terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk enam kelompok sasaran.

    Dari enam kelompok sasaran yang diupayakan adalah kelompok lanjut usia, kelompok rentan dan masyarakat umum, pemuda, dan gotong royong. Sedangkan kelompok SDM kesehatan dan pejabat publik sudah mencapai lebih dari 100 persen. “Tercapainya vaksinasi tergantung dari suplai dosis vaksin dari pusat. Kalau dikirim akan langsung didistribusikan dan langsung dikonsumsi,” kata Reihana.

    Sementara itu, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana menargetkan vaksinasi Covid-19 di Kota Bandar Lampung akan selesai pada Desember 2021. Saat ini, Pemerintah Kota Bandar Lampung dan Badan Intelijen Negara Daerah Lampung sedang mengadakan vaksinasi untuk pelajar dan masyarakat umum.

    Ia mengatakan, realisasi vaksinasi dosis pertama di Kota Bandar Lampung sudah mencapai 460 ribu dosis vaksin, sedangkan vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 250 ribu dosis vaksin. Optimisme Wali Kota yang didukung oleh Kota Bandar Lampung sudah memasuki zona aman, namun tidak boleh lengah dan terus waspada. “Kita harus tetap waspada karena Covid-19 tidak terlihat,” katanya.



    https://www.republika.co.id/berita/r093nr380/jumlah-penderita-covid19-di-lampung-hampir-50-ribu-kasus