Jumlah pengguna sangat sedikit, Google segera menghentikan layanan di Android Jelly Bean

Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Google akan mengakhiri dukungannya terhadap sistem operasi Android Jelly Bean karena dianggap usang.

Hal ini dilakukan oleh Google setelah merilis update Play Services versi 21.30.99 yang rencananya akan dilakukan pada akhir Agustus mendatang.

Melalui postingan di blog resmi Google, mereka menjelaskan alasan mengambil langkah ini.

Baca juga: Ingin Pulihkan Akun, Donald Trump Mengajukan Gugatan ke Facebook, Twitter, dan Google

Menurut Google, Android Jelly Bean yang dirilis pada tahun 2012 ini memiliki pengguna yang sangat sedikit, bahkan kurang dari 1 persen dari total perangkat Android yang aktif.

Karena jumlah pengguna yang sangat sedikit, Google merasa tidak perlu lagi menghabiskan sumber daya dan waktu pengembang untuk mendukung Jelly Bean di perangkat Android, kata Pengembang Android dalam sebuah pernyataan, Jumat (9/7/2021).

Baca juga: Pantau Pemblokiran Jalan Saat PPKM Darurat Bisa Melalui Google Maps, Begini Caranya

Sistem operasi Android Jelly Bean sendiri memiliki tiga versi yaitu 4.1, 4.2, dan 4.3, serta memiliki API level 16 hingga 18. Untuk terus mendukung Play Services, Google merekomendasikan developer untuk meningkatkan API levelnya minimal level 19 yang digunakan di Android KitKat.

“Perangkat Android pada API level di bawah 19 adalah persentase yang sangat kecil. Kami percaya bahwa jika perangkat lama ini tidak lagi digunakan secara aktif, jika Anda masih memiliki pengguna yang signifikan di perangkat yang lebih lama, Anda dapat menggunakan dukungan multi-APK di Google Play untuk menyediakan APK yang gunakan Layanan Google Play 21.30.99,” sambung Google.

Mengacu pada statistik Android Studio, Android 10 saat ini digunakan di 8 persen perangkat Android, sementara Android Pie memiliki sekitar 30 persen pengguna, dan Android Oreo dengan sekitar 20 persen pengguna.



https://www.tribunnews.com/techno/2021/07/09/jumlah-pengguna-sangat-sedikit-google-segera-hentikan-layanan-pada-android-jelly-bean