Junta Militer Myanmar Diam-diam Memindahkan Aung San Suu Kyi Ke Lokasi Yang Tidak Diketahui

    Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

    TRIBUNNEWS.COM, YangON – Junta militer Myanmar telah memindahkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi dan mantan presiden Win Myint dari kediaman mereka di ibu kota ke lokasi yang tidak diketahui.

    Kedua tokoh sipil Myanmar itu telah ditahan oleh junta militer sejak merebut kekuasaan dalam kudeta pada 1 Februari.

    “Kami telah mendengar dari sumber terpercaya bahwa Presiden Win Myint dan Penasihat Negara Aung San Suu Kyi telah dipindahkan ke lokasi lain yang tidak diketahui,” kata pemerintah bayangan yang dibentuk oleh Partai Suu Kyi dan sekutu Liga Nasional untuk Demokrasi, juga dikenal sebagai Suu Kyi. Pemerintah Persatuan Bangsa, dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir The Star dan Bloomberg, Selasa (1/6/2021).

    Suu Kyi, yang dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, menghadapi enam tuduhan kriminal termasuk melanggar rahasia negara dan hasutan.

    Baca juga: 4 Bulan Kudeta Myanmar: Protes Masih Berlangsung, 37 Ribu Orang Mengungsi dan 840 Orang Tewas

    Win Myint juga didakwa dengan hasutan dan pelanggaran pembatasan Covid-19.

    Kepala tim pembela hukum untuk kedua pemimpin, Khin Maung Zaw, mengatakan Suu Kyi telah mengatakan kepada pengacara selama pertemuan sebelum muncul di pengadilan pada 24 Mei bahwa dia telah dipindahkan malam sebelumnya ke lokasi yang tidak diketahui.

    Baca juga: Amerika Puji Kepemimpinan Indonesia Atasi Krisis di Myanmar

    “Setelah sidang pengadilan, kami pengacara tidak ada kontak sama sekali dengan dia,” katanya.

    “Aung San Suu Kyi adalah pemimpin tercinta negara kami, jadi kami sangat mengkhawatirkan keselamatannya sejak Hari pertama, dan kekhawatiran seperti itu masih ada.”

    Melabeli rezim tersebut sebagai dewan militer teroris, Pemerintah Persatuan Nasional mengulangi upayanya untuk memastikan akuntabilitas dan keadilan dan mendesak junta untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka setelah kudeta. (The Star/Bloomberg/Straits Times)



    https://www.tribunnews.com/internasional/2021/06/01/junta-militer-myanmar-diam-diam-pindahkan-aung-san-suu-kyi-ke-lokasi-tidak-diketahui