Juru Bicara Menteri Pertahanan: Denwalsus juga bertugas melaksanakan pengamanan internal di Kementerian Pertahanan

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Juru bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak membeberkan tugas Detasemen Pengawal Khusus (Denwalsus).

Diketahui formasi pasukan Denwalsus menjadi viral dan menjadi sorotan publik.

Menurut Dahnil, tugas utama pasukan Denwalsus adalah melaksanakan tugas prtokoler dan menyambut tamu kehormatan dari negara sahabat.

Baca juga: DPN Kombatan: Pembentukan Denwalsus berpotensi mereduksi Pos Anggaran TNI

Selain itu, pasukan ini juga memiliki tugas pengamanan internal di Kementerian Pertahanan.

“Jadi pasukan Denwalsus diberi nama Denwalsus. Tugas pokok mereka tugas keprotokolan, kemudian terlibat dalam penyambutan tamu kehormatan yang datang ke Kementerian Pertahanan, kemudian juga melaksanakan pengamanan internal di Kementerian Pertahanan,” kata Dahnil dalam sambutannya. videonya, Senin (12/4/2021).

Dahnil menjelaskan, sejak awal di Kementerian Pertahanan memang ada prajurit yang ditugaskan di Mabes TNI, mulai dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Udara menjadi Pasukan Kehormatan Jajar Kehormatan yang kini disebut juga Denwalsus.

Baca juga: TB Hasanuddin: Pembentukan Denwalsus Kementerian Pertahanan itu berlebihan, tidak sesuai dengan ketentuan

Namun, kata Dahnil, sejak menjadi Menteri Pertahanan, Prabowo meminta Mabes TNI dan Mabes TNI memberikan Pasukan Kehormatan Jajar Kehormatan yang mewakili institusi TNI.

Artinya mereka kelihatan ganteng, lalu secara fisik mewakili prajurit yang kuat dan lain sebagainya. Sehingga pada saat Upacara Kehormatan Jajar para tamu melihat bahwa tokoh TNI atau aparat TNI itu mumpuni dengan personel yang bugar dan menarik, ucap Dahnil. .

Mabes TNI dan Mabes TNI, kata Dahnil, kemudian menyediakan personel sesuai permintaan Prabowo.

Dahnil mengatakan setiap kunjungan ke luar negeri khususnya ke Kementerian Pertahanan negara sahabat selalu menghadirkan upacara Jajar Kehormatan.

Upacara Jajar Kehormatan dilaksanakan oleh tentara yang mewakili institusi militer masing-masing.

Oleh karena itu, tentunya kami juga ingin mempersembahkan Laskar Jajar Kehormatan yang representatif dan mengharumkan nama bangsa saat kedatangan tamu negara, kata Dahnil.




Source