Kadin Jatim Sebutkan Tiga Hal Untuk Mencapai Target Pertumbuhan Ekonomi

    REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim, Adik Dwi Putranto mengatakan ada tiga hal yang perlu didorong untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi dalam RAPBN 2022 sebesar 5 5,5. persen pada 2022. Adik, ditemui dalam acara vaksinasi pelaku UMKM di Golden City Shopping Center, Surabaya, Rabu (18/8) menjelaskan tiga hal, yakni kemudahan berusaha, peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan kelancaran pasokan. dari barang/jasa.

    “Ketiga hal itu merupakan langkah konkrit yang harus diperhatikan dalam menjaga pertumbuhan ekonomi ke depan,” kata Adik.

    Adik optimis upaya ini, dibarengi dengan pendampingan dan didukung oleh sinergi kebijakan yang tepat dari pemerintah, dapat mencapai target pertumbuhan tersebut dan menjadikan Indonesia kuat dan berkembang. Adik mengatakan KADIN Jatim juga memiliki sarana dan prasarana untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia, antara lain Kadin Institute sebagai pusat pelatihan bersertifikat, serta rumah kurasi dan pusat ekspor, untuk mendukung peningkatan ekspor.

    Dia mencatat pertumbuhan ekonomi Jatim pada triwulan II 2021 masih positif sebesar 7,05 persen. Rincian sektor yang tumbuh masing-masing menurut perdagangan 13,64 persen, industri pengolahan (manufaktur) 6,85 persen, jasa pendidikan 4,30 persen, serta pengangkutan dan pergudangan 22,67 persen ditambah jasa lainnya 41,21 persen, serta informasi dan komunikasi tumbuh 5,45 persen.

    “Tentunya kami pengusaha bersama pemerintah akan terus berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang positif khususnya di Jatim,” kata Adik.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia ditargetkan berada pada kisaran 5,0 – 5,5 persen pada 2022, dan pemerintah berusaha mencapai batas atas pertumbuhan. “Pertumbuhan ekonomi tahun 2022 diperkirakan berada pada kisaran 5,0 persen hingga 5,5 persen. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai target pertumbuhan di batas atas, yaitu 5,5 persen,” kata Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan. RUU Anggaran Tahun Anggaran 2022 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPR-RI Tahun Sidang 2021 – 2022.

    Presiden menegaskan, perkiraan target pertumbuhan ekonomi sebesar ini juga memperhitungkan kewaspadaan terhadap perkembangan pandemi Covid-19 yang masih sangat dinamis.

    https://repjogja.republika.co.id/berita/qy1ham383/kadin-jatim-sebut-tiga-hal-capai-target-pertumbuhan-ekonomi