Kalahkan Villa, Liverpool Bisa Menang Lagi di Kandang

    Kemenangan atas Aston Villa membuat Liverpool untuk sementara naik ke zona Liga Champions.

    REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL – Liverpool akhirnya kembali mencicipi kemenangan di Anfield Stadium saat mengalahkan Aston Villa 2-1 pada pekan ke-31 Liga Inggris, Sabtu (10/4). Gol Trent Alexander-Arnold terus berlanjut waktu terluka mampu mengakhiri tren buruk Liverpool dengan enam kekalahan beruntun di Anfield.

    Hasil ini juga akan menjadi kemenangan pertama mereka dalam sembilan pertandingan kandang, menurut catatan halaman resmi Liga Premier. Kiper Emiliano Martinez pantas dikecewakan oleh gol tersebut, karena ia pertama kali melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Thiago Alcantara, namun bola liar gagal dihalau rekan-rekannya dari kotak penalti Villa.

    Alexander-Arnold, yang berjaga di dalam kotak, mampu mengontrol bola, menghalau blok Douglas Luiz sebelum melepaskan tembakan melengkung ke area tiang jauh untuk menghindari jangkauan Martinez. Liverpool yang tampil dominan sejak sepak bola dimulai, memiliki peluang emas untuk membuka keunggulan saat Mohamed Salah lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Martinez, sayangnya keputusannya mengincar tiang jauh berakhir dengan bola bergulir di luar gawang.

    Liverpool kembali mendapat peluang di menit ke-31 melalui situasi bola mati, namun tendangan bebas Alexander-Arnold dengan gemilang ditepis Martinez di atas mistar gawang. Peluang terbuang itu baru-baru ini dibayar mahal oleh Liverpool, yang kebobolan dua menit sebelum turun minum ketika Ollie Watkins melepaskan diri dari Ozan Kabak dan menangkap bola terobosan John McGinn dengan tembakan yang tidak terlalu keras tetapi kiper Alisson Becker gagal mengantisipasi.

    Di menit kedua waktu terluka Di babak pertama, Roberto Firmino berhasil membobol gawang Villa memanfaatkan kemelut di kotak penalti, namun gol tersebut kemudian dianulir karena VAR dan wasit Paul Tierney sepakat Diogo Jota sudah terlanjur terjebak. offside. Liverpool memasuki babak kedua masih dengan agresivitas tinggi dan akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-57 ketika Salah dengan sigap menanduk bola hasil penyelamatan Martinez dari umpan silang Andy Roberton ke gawang Villa.

    Gol tersebut memicu semangat para pemain Villa, yang nyaris mengembalikan keunggulan mereka pada menit ke-62, setelah Trezeguet berhasil mengalahkan Alisson, namun tendangannya membentur tiang dan bola pantul meleset dari sasaran. Kedua tim terus bermain secara terbuka hingga akhirnya Liverpool lah yang mampu mengunci kemenangan di menit pertama waktu terluka lewat gol indah Alexander-Arnold di hadapan pelatih kepala Inggris Gareth Southgate yang seolah menyaksikan pertandingan di tribun Anfield.

    Kemenangan tersebut membuat Liverpool untuk sementara kembali ke zona Liga Champions, peringkat empat dengan keunggulan selisih gol atas West Ham United meski kedua tim sama-sama mengoleksi 52 poin. Posisi Liverpool masih bisa dikejar dua tim selain West Ham, yakni Chelsea (51) dan Tottenham Hotspur (49).

    Chelsea akan menghadapi Crystal Palace di penghujung laga, sementara West Ham dan Tottenham baru akan tampil pada Minggu (11/4) besok. Sementara itu, Villa (44) tertahan di peringkat 10, meski mampu menyamai rekor Manchester City sebagai pencetak gol terbanyak melawan Liverpool dalam satu musim di Liga Inggris dengan delapan gol.

    sumber: Antara / Reuters




    Source