Kapolres Kalbar: Anggota Polri Fokus Jaga Rumah Warga Ahmadiyah

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kapolda Kalbar Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto mengatakan, pihaknya telah menugaskan jajarannya untuk menjaga rumah warga Ahmadiyah di Sintang, Kalimantan Barat.

    Sigid mengatakan, penjagaan itu untuk mengantisipasi penyerangan rumah jemaah Ahmadiyah di Desa Balai Harapan, Kecamatan Temunak, Kabupaten Sintang, oleh sejumlah massa.

    “Oleh karena itu, anggota Polri fokus menjaga rumah warga Ahmadiyah untuk mengantisipasi serangan fisik yang bisa menimbulkan korban di kedua belah pihak,” kata Remigius Sigid Tri Hardjanto dalam keterangannya, Selasa (7/9/2021).

    Baca juga: Maruf Minta Dialog Diprioritaskan dalam Kasus Ahmadiyah

    Selain itu, Sigid menekankan bahwa pendekatan lunak dalam pengamanan bangunan dan tempat ibadah bertujuan untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

    Antara lain, mencegah konflik antara massa emosional yang ingin merobohkan gedung dan petugas keamanan.

    Hal ini berpotensi menyebabkan cedera bahkan kematian.

    “Kami pastikan tidak ada korban jiwa. Karena sudah dilakukan pencegahan sejak dini. Percayakan pada kami,” ujarnya.

    Baca juga: Bareskrim Hentikan Investigasi Dugaan Kebocoran 1,3 Juta Data Pengguna eHac

    Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya telah memperhitungkan sumber daya yang dimiliki dan risiko yang akan terjadi jika terjadi perusakan tempat ibadah.

    Ia mengatakan Polri harus cepat mengambil keputusan dan strategi yang paling tepat agar negara hadir bagi rakyatnya untuk melindungi, menyelamatkan nyawa dan kehormatan masyarakat.

    “Ini adalah strategi yang dipilih dan diputuskan di lapangan dan target atau tujuan utama tercapai yaitu tidak ada korban jiwa di pihak manapun,” ujarnya.



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/09/07/kapolda-kalbar-anggota-polri-fokus-jaga-rumah-warga-ahmadiyah