Kapolri Senang Pelanggaran terhadap Aparat Kepolisian Terus Meningkat, Ini Alasannya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengakui tidak ada masalah dengan temuan pelanggaran aparat Polri yang terus meningkat setiap tahun.

Demikian disampaikan Jenderal Sigit dalam Rakernis Propam Polri 2021 di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/4/2021).

“Beberapa catatan tadi, sudah ada peningkatan terkait pelanggaran baik kode etik maupun pelanggaran disiplin, termasuk tindak pidana. Saya kira ini bukan masalah. Ini bagus,” kata Jenderal Sigit.

Baca juga: Respon Kapolri terhadap Pelanggaran Anggota Terus Meningkat: Terjebak dan Masih Labil

Jenderal Sigit lantas menjelaskan alasan tidak perlu khawatir dengan temuan data Propam Polri. Alasan pertama, meningkatnya pelanggaran anggota menunjukkan bahwa masyarakat masih mempercayai Polri.

“Masyarakat kembali percaya bahwa ada undang-undang, ada harapan saat mengadu ke Polri, apalagi jika terjadi perubahan,” ujarnya.

Alasan kedua, kata Sigit, data yang menunjukkan pelanggaran anggota terus meningkat sebagai bahan evaluasi.

Khususnya fakta bahwa pelanggaran anggota terus terjadi di masyarakat.

“Telah terjadi pelanggaran, semakin meningkat. Oleh karena itu kita harus mencari tahu apa penyebab terjadinya pelanggaran tersebut. Dan ini tentunya menjadi tugas besar dari Propam. Karena apapun ceritanya SDM yang unggul. Sumber daya manusia yang profesional, akan terwujud ketika Propam bekerja. secara optimal, “bentaknya.

Baca juga: Kapolri: Bukan saatnya kita menutupi internal Polri

Sebelumnya, Kepala Bidang Propam Polri Irjen Ferdy Sambo mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan tim independen untuk mengusut penyebab pelanggaran anggota yang terus meningkat setiap tahun.

Demikian disampaikan Irjen Sambo saat Rapat Propam Polri 2021 di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/4/2021).




Source