Karyawan Sektor UMKM Mendapatkan Bantuan Bantuan Jaminan Kesehatan

    Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Karyawan di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19 akan mendapatkan program keringanan jaminan kesehatan.

    Chief Sales Officer PT Sompo Insurance Indonesia, Yolanda Widjaja mengatakan, sektor UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia yang terdampak parah akibat pandemi.

    “Sompo Insurance juga berempati kepada para pelaku UMKM yang terdampak pandemi. Kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, salah satunya melalui program perlindungan kesehatan pekerja di sektor UMKM,” kata Yolanda dalam keterangan tertulis. Kamis (26/8/2021). .

    Baca juga: Pentingnya Pemulihan Klaim dalam Industri Asuransi

    Menurut Yolanda, realisasi potensi UMKM tidak lepas dari produktivitas karyawannya.

    Yolanda mengatakan pihaknya mendukung pemerintah dalam menangani pemulihan kesehatan dan ekonomi

    Sompo Insurance, lanjutnya, memberikan bantuan kepada pemilik UMKM dalam melindungi kesehatan karyawannya di masa-masa yang tidak terduga ini guna memaksimalkan potensi mereka untuk bertahan di tengah pandemi.

    “Dengan adanya jaminan kesehatan, kami berharap pemilik usaha dan karyawan lebih tenang dalam bekerja sehingga produktivitas kerja meningkat,” ujar Yolanda.

    Baca juga: MSIG Targetkan Premi Rp50 Miliar dari Produk Asuransi dengan Layanan Telematika

    Dalam rangka HUT RI ke-76, Asuransi Sompo memberikan keringanan 30 persen untuk pembayaran premi asuransi kesehatan.

    Program khusus untuk UMKM ini telah digulirkan sejak 17 Agustus 2021 dan mendapat respon positif dan antusias dari para pemilik UMKM. Asuransi Sompo telah dipercaya untuk melindungi perusahaan dari semua ukuran di seluruh Indonesia, termasuk UMKM.

    Bidang usaha yang menjadi nasabah Sompo Insurance cukup beragam, mulai dari konsultan, yayasan, jasa transportasi, perdagangan kecil, konstruksi dan usaha kecil lainnya.

    Baca juga: Sompo Insurance Buka Lowongan Kerja di Tengah Pandemi, Tertarik?

    Program keringanan jaminan kesehatan ini berupa potongan premi untuk seluruh pemilik UMKM dengan 3-20 karyawan.

    Dengan premi Rp 80 ribu per peserta per bulan, karyawan UMKM bisa mendapatkan jaminan rawat inap dengan kelas kamar antara Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta.

    Ada pilihan asuransi rawat jalan dengan limit Rp. 1 juta menjadi Rp. 11 juta hanya dengan tambahan premi mulai dari Rp. 40 ribu per peserta per bulan.

    Jaminan kesehatan bagi karyawan dari Sompo telah menjangkau UMKM di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Surabaya hingga Bali.



    https://www.tribunnews.com/bisnis/2021/08/27/karyawan-pada-sektor-umkm-dapat-bantuan-keringanan-asuransi-kesehatan