Keamanan dan kenyamanan peserta PON XX Papua terjamin, kata Marciano Norman

    Wartawan WARTAKOTALIVE.COM, Rafsanzani Simanjorang

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum KONI Pusat, Letjen (Purn) Marciano Norman memastikan pihaknya menjamin keamanan dan kenyamanan peserta PON XX Papua.

    Terkait dinamika keamanan di Papua, Marciano dan Ketua Panitia Besar PON, yakni Gubernur Papua sendiri, telah menjalin hubungan dekat dengan Pangdam Cendrawasih, Kapolda Papua.

    Pihaknya juga meminta dukungan penuh dari Pangdam dan Kapolri agar situasi pada saat pelaksanaan PON sangat kondusif dan agenda PON berjalan dengan baik.

    “Saya kira strategi pengamanan sepenuhnya diatur oleh Kapolda dan Panglima. Tapi setiap kontingen yang berangkat dari daerah ada pengamanan internal. Pengamanan internal ini personel dari Polda setempat, juga dari TNI dan dari Badan Intelijen Daerah yang ikut kontingen,” ujarnya. .

    Dengan begitu, Marciano menjelaskan bahwa setiap kontingen akan mendapatkan informasi yang valid dan kondusifitas masing-masing tim tetap terjaga.

    Sementara skema lain, jika terjadi apa-apa, aparat keamanan internal akan langsung berkomunikasi dengan Polda Papua, Kodam Cenderawasih, dan Badan Intelijen Daerah di Papua.

    “Mereka berkomunikasi karena di masing-masing tim ada perwakilan. Jadi itu bagus sekali. Saya berterima kasih kepada Kapolri, Panglima TNI kepada Mendagri yang memberikan dukungan pola pengamanan seperti ini dan insyaallah tidak akan terombang-ambing oleh berita buruk.” bertanggung jawab, apakah itu hoax. Mereka akan ada bagian yang mengingkarinya karena mereka selalu berkomunikasi langsung dengan mereka yang mengetahui kondisi saat ini,” pungkasnya.



    https://www.tribunnews.com/sport/2021/09/07/keamanan-dan-kenyamanan-peserta-pon-xx-papua-dijamin-kata-marciano-norman