Kebakaran di Pasar Kambing Disebabkan oleh Korsleting Listrik

Luas areal yang terbakar sekitar 5.000 meter persegi dengan kerugian Rp. 1 Milyar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kebakaran yang melanda Pasar Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (8/4) sore, disebabkan korsleting listrik. Akibat kebakaran tersebut, kerugian material diperkirakan mencapai Rp. 1 Milyar.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, kebakaran bermula saat terjadi korsleting listrik di salah satu warung pedagang. “Ledakan (dari korsleting menyebabkan percikan api dan melanda salah satu kios buah atau toko kelontong. Setelah itu api menjalar,” kata Dhany di lokasi kebakaran, Kamis malam.

Berdasarkan foto kejadian yang diterima RepublikaAda api yang menyala di kios-kios pedagang. Asap hitam membubung.

Petugas pemadam kebakaran diketahui sudah menerima laporan kebakaran dari warga pada pukul 16.50 WIB. Sebanyak 17 mobil pemadam kebakaran dan 85 personel langsung dikerahkan ke lokasi kejadian. Proses pemadaman dimulai pukul 17.00 WIB. Api berhasil dipadamkan pada pukul 18.15 WIB.

Berdasarkan pantauan Republika pada pukul 19.00 WIB, ternyata petugas masih melakukan proses pendinginan. Petugas juga menyisir hot spot yang mungkin masih hidup. Listrik di sekitar lokasi juga mati.

Dhany mengatakan, kebakaran telah membakar ratusan kios pedagang. “Kami telah mengidentifikasi 136 kios dan 40 kios yang terbakar. Semuanya ada di wilayah PD Pasar Jaya,” ujarnya.

Dhany mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Hanya satu petugas pemadam kebakaran yang terluka selama proses pemadaman tersebut.

Areal yang terbakar, lanjutnya, hanya sebagian dari pasar. Tidak ada satupun rumah warga yang dibakar. Saat kebakaran terjadi, para pedagang bersusah payah menyelamatkan ternak yang mereka perdagangkan. Ternak mereka dievakuasi ke gedung SD, kata Dhany.

Humas Gulkarmat DKI Jakarta Mulat Wijayanto mengatakan luas areal yang terbakar sekitar 5.000 meter persegi. “Kerugian materiil diperkirakan Rp 1 miliar,” ujarnya.

Mulat menambahkan, proses pemadaman terhambat akses jalan yang sempit dan kemacetan yang mengarah ke lokasi kebakaran. Selain itu, sumber air juga jauh dari lokasi kejadian.




Source