Keberhasilan Ujian Tatap Muka Jadi Modal PTM di Kudus

    REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS – Seluruh sekolah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah yang menyelenggarakan ujian tatap muka diminta tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan karena keberhasilan kegiatan tersebut menjadi modal untuk tatap muka. face learning (PTM), kata Bupati Kudus Hartopo.

    “Hasil pemantauan di beberapa sekolah yang menyelenggarakan ujian tatap muka sudah berjalan dengan baik,” ujarnya di sela-sela pemantauan ujian tatap muka yang dilaksanakan di SMP 3 Bae, SMP 3 Kudus, dan SMP NU. Al-Ma’rufdi Kudus. Selasa (20/4).

    Ia mengingatkan, kedisiplinan guru dan siswa akan menyukseskan pembelajaran tatap muka, hal itu harus konsisten agar siswa dapat masuk sekolah tanpa penyebaran COVID-19.

    Satgas COVID-19 yang ditempatkan di sekolah diminta tidak hanya memantau pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah, tetapi juga memantau siswa dalam perjalanan ke dan dari sekolah.

    “Satgas harus memastikan agar semua mahasiswa tidak mampir dan langsung pulang. Harapannya tentu bisa meminimalisir kasus,” ujarnya.

    Semua guru, kata dia, juga diminta disiplin dengan selalu memakai penutup wajah saat makan atau minum di kantor. Selain itu, kata dia, guru dan orang tua juga harus berkolaborasi dalam memantau siswa agar dapat memberikan pembelajaran yang efektif meski minim tatap muka.

    Ia pun berpesan agar para orang tua tidak bosan mengingatkan anaknya untuk rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Jumlah sekolah penyelenggara ujian tatap muka sebanyak 28 dari total 48 sekolah menengah pertama di Kabupaten Kudus, sedangkan sekolah lainnya masih online (online).


    Source