Kebutuhan Meningkat, Ketersediaan Oksigen di Rumah Sakit DIY Tipis

Dua rumah sakit di DIY terpaksa mendatangkan oksigen dari beberapa pemasok karena permintaan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Kebutuhan oksigen untuk penanganan Covid-19 di Yogyakarta semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19. Hal ini membuat ketersediaan oksigen juga semakin menipis di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

Salah satunya di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta yang kewalahan karena kebutuhan oksigen yang tinggi. Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Mohammad Komarudin mengatakan pihaknya bahkan terpaksa mendatangkan oksigen dari distributor lain untuk menjaga suplai oksigen.

Kebutuhan oksigen untuk seluruh rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 DIY sendiri dipasok oleh PT Samator yang berlokasi di Jawa Tengah. Namun RS PKU Muhammadiyah harus mendatangkan oksigen meski dari Surabaya dan Denpasar karena distribusi dari PT Samator tidak bisa mengimbangi kebutuhan oksigen yang meningkat drastis akibat lonjakan kasus positif Covid-19.

“Kami mendatangkan pemasok baru tidak hanya dari PT Samator, Samator juga terbatas karena harus berbagi dengan rumah sakit lain. Kami pernah mendatangkan truk dengan 200 tabung oksigen dari Denpasar. cadanganKalau mengandalkan Samator saja tidak cukup,” kata Komarudin kepada wartawan dalam wawancara yang digelar via Zoom, Senin (28/6).



https://www.republika.co.id/berita/qvfkbj349/kebutuhan-meningkat-ketersediaan-oksigen-di-rs-diy-menipis