Kelimpahan Kurma Jabir Berkat Doa Nabi Muhammad SAW

Rasulullah SAW mendoakan perkebunan kurma Jabir hingga buahnya melimpah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- AAda cerita tentang pohon kurma yang buahnya melimpah. Pohon kurma mendapat berkah dari doa Nabi Muhammad.

Kisah ini dialami oleh pemuda Ansar yang ingin melunasi hutang. Rasulullah mengingatkan pemuda itu untuk melunasi utangnya dengan kurma dari pohon milik pemuda itu. Kisah pemuda ini tertuang dalam hadits Bukhari berikut ini:

حدثنا إبراهيم بن المنذر حدثنا أنس عن هشام عن وهب بن كيسان عن جابر بن عبد الله رضي الله عنهما أنه أخبره أن أباه توفي وترك عليه ثلاثين وسقا لرجل من اليهود فاستنظره جابر فأبى أن ينظره فكلم جابر رسول الله صلى الله عليه وسلم ليشفع له إليه فجاء رسول الله صلى الله عليه وسلم وكلم اليهودي ليأخذ ثمر نخله بالذي له فأبى فدخل رسول الله صلى الله عليه وسلم النخل فمشى فيها ثم قال لجابر جد له فأوف له الذي له فجده بعدما رجع رسول الله صلى الله عليه وسلم فأوفاه ثلاثين وسقا وفضلت له سبعة عشر وسقا فجاء جابر رسول الله صلى الله عليه وسلم ليخبره بالذي كان فوجده ليخبره بالذي كان فوجده أخبر ذلك ابن الخطاب فذهب جابر إلى عمر فأخبره فقال له عمر لقد علمت حين مشى فيها رسول الله صلى الله عليه وسلم ليباركن فيها

Telah memberi tahu kami Ibrahim bin Al Mundzir telah memberi tahu kami Anas dari Hisham dari Wahb bin Kaisan dari Jabir bin Abdullah bahwa dia memberi tahu dia bahwa ayahnya meninggal dan meninggalkan hutang tiga puluh wasaq kepada orang-orang Yahudi kemudian Jabir meminta penangguhan pembayaran tetapi orang Yahudi menolaknya kemudian Jabir menyuruh Nabi untuk membantunya dalam masalah dengan orang itu.

Maka Nabi datang dan berbicara dengan orang Yahudi itu agar bersedia menerima kurma Jabir sebagai pembayaran hutang ayahnya, tetapi orang Yahudi itu tetap tidak mau. Kemudian Rasulullah datang ke pohon kurma Jabir dan mengelilinginya lalu berkata kepada Jabir, “Seriuslah, kamu harus melunasi hutang dengan buah di kurma ini.”

Jadi Jabir menandainya setelah Rasulullah pergi kemudian dia melunasi hutang tiga puluh wasaq dan masih ada tujuh belas wasaq kemudian Jabir datang kepada Nabi untuk melaporkan apa yang telah terjadi tetapi ternyata dia sedang melaksanakan shalat Ashar.

Setelah selesai, Jabir memberi tahu dia tentang tanggal yang tersisa. Dia berkata: “Katakan ini pada Umar bin Khattab.” Jabir pergi menemui Umar dan melaporkannya, maka Umar berkata, “Benar-benar aku sudah tahu kapan dia pergi mengelilingi pohon kurma untuk memberkatinya.”

Sumber: youm7




Source