Kematian Pasca Vaksinasi di Selandia Baru Tidak Terkait Vaksinasi

    Berdasarkan informasi yang diperoleh, tidak ada hubungan antara mortalitas dan vaksin

    REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON – Ketua kelompok pasca program dan vaksinasi Covid-19 Selandia Baru, Tim Hanlon, tak menyangkal banyaknya laporan kematian akibat Covid-19 kepada Center for Adverse Reactions Monitoring. CARM). Namun, dia menekankan bahwa tidak ada rincian yang dapat diberikan mengenai hubungan antara kematian dan vaksinasi.

    “Informasi yang diberikan memberi kesan kepada CARM dan Medsafe bahwa kematian itu tidak ada kaitannya dengan vaksinasi,” ujarnya seperti dikutip Stuff, Rabu (19/5).

    Menurut dia, penyebab kematian dalam laporan tersebut juga sudah dirujuk ke pemeriksa. Hanlan menegaskan, dari beberapa laporan yang mengaitkan kematian dengan vaksinasi Covid-19, tidak ada satupun yang benar-benar akibat vaksinasi.

    Hal serupa ditekankan oleh Menteri Respons Covid-19 Selandia Baru, Chris Hipkins, yang ditanyai tentang kematian terbaru selama pengarahan vaksin sebelumnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh, tidak ada hubungan antara mortalitas dan vaksin.

    “Masalahnya dimanapun seseorang meninggal, atau bereaksi negatif setelah mendapat vaksin, itu selalu diselidiki. Itu tidak berarti itu terkait dengan vaksin, dan terkadang ada penjelasan bagus lain mengapa sesuatu terjadi, “kata Hipkins.




    Source