Kembalikan Aliansi, Biden Goes ke Inggris dan Belgia

Perjalanan Biden bertujuan untuk menyoroti komitmen presiden AS untuk memulihkan aliansi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dikabarkan melakukan perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri sejak menjabat. Gedung Putih mengatakan Biden akan mengunjungi Inggris dan Belgia pada bulan Juni.

“Perjalanan itu bertujuan untuk menyoroti komitmen presiden AS untuk memulihkan aliansi kami, untuk merevitalisasi hubungan transatlantik dan bekerja sama dengan sekutu kami,” kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki. Aljazair, Sabtu (24/4).

Biden akan menghadiri Group of Seven (G7) Summit pada 11-13 Juni di Cornwall, Inggris. Di sela-sela pertemuan, Presiden akan menggelar pertemuan bilateral dengan para pemimpin G7 termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Dari sana, Biden akan melakukan perjalanan ke Brussels untuk KTT NATO pada 14 Juni. “Presiden Biden akan menegaskan komitmen AS untuk NATO, keamanan transatlantik dan pertahanan kolektif,” kata Psaki. Selama di Brussel, Biden juga akan mengikuti KTT AS-UE.

Sejauh presiden, setelah menjabat, presiden telah memilih Amerika Utara untuk perjalanan lintas batas pertama mereka, meskipun mantan presiden Donald Trump melakukan perjalanan luar negeri pertamanya di Riyadh, Arab Saudi. Bagi Biden, perjalanan pertama dimaksudkan untuk membalik halaman pendekatan Trump terhadap aliansi NATO.

Menurut kepala staf dan sekretaris eksekutif Dewan Keamanan Nasional, Yohannes Abraham, kunjungan pertama Biden adalah kesempatan praktis untuk terhubung dengan sekutu dan mitra utama dalam berbagi peluang dan tantangan. “Tetapi juga itu adalah ilustrasi dari sesuatu yang telah dijelaskan oleh presiden: bahwa aliansi transatlantik telah kembali, bahwa merevitalisasi itu adalah prioritas utamanya, dan bahwa hubungan transatlantik adalah fondasi yang kokoh di mana keamanan kolektif dan kesejahteraan bersama kita dibangun. , “dia berkata.

Biden mengadakan pertemuan “bilateral virtual” dengan para pemimpin Kanada dan Meksiko masing-masing pada bulan Februari dan Maret. Perjalanan bulan Juni akan menyusul setelah pertemuan bilateral langsung pertama Biden dengan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Gedung Putih minggu lalu dan rencana kunjungan bulan depan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Pengumuman perjalanan pertama Biden datang tak lama setelah berakhirnya KTT iklim virtual Biden selama dua hari. Di KTT tersebut, ia menerima pujian dari para pemimpin, terutama di Eropa, karena mengembalikan AS ke Perjanjian Paris 2015 tentang iklim dan kembali terlibat dalam sejumlah masalah umum lainnya. Perjalanan itu juga akan menandai rencana perjalanan paling ambisius Biden sejak dimulainya pandemi virus korona, karena presiden berusaha mencontohkan perilaku aman bagi bangsa.




Source