Kemenag Bantu 50 Pondok Pesantren di Perbatasan

    Bantuan tersebut untuk penguatan pesantren di daerah perbatasan.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Pendidikan Dini dan Pondok Pesantren (PD Pontren) menyebutkan ada sekitar 500 pondok pesantren yang berada di wilayah perbatasan negara. Sebanyak 220 pondok pesantren mengajukan proposal bantuan kepada pondok pesantren di wilayah perbatasan negara.

    Sebanyak 50 pondok pesantren akan menerima bantuan tahun ini. Kepala Subdirektorat Pondok Pesantren Kementerian Agama, Basnang Said, mengatakan tahun ini kuota hanya untuk 50 pondok pesantren. Kedepannya diharapkan kuota bantuan pondok pesantren di wilayah perbatasan negara semakin banyak.

    “Kita berharap ke depan 50 persen pondok pesantren di perbatasan bisa mendapatkan (bantuan),” kata Basnang Republika.co.id, Rabu (8/9).

    Dijelaskannya, dari 220 pesantren yang mengajukan proposal, hanya 50 yang terpilih. Jadi Kemenag harus melaksanakannya sesuai dengan petunjuk teknis. Sehingga tidak ada pesantren yang dizalimi dan didiskriminasi. Karena semua pesantren berhak menerima bantuan, hanya saja kuota dari negara tidak cukup untuk semuanya.

    Ia mengatakan, bantuan tersebut untuk penguatan pesantren di daerah perbatasan. Pesantren berada di wilayah yang berbatasan dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina.

    “Kehadiran pesantren di perbatasan negara sangat penting, karena pesantren ini adalah corong bangsa Indonesia, menjadi spiker bagi bangsa Indonesia untuk terus mencintai negara bangsa, sehingga kita bisa seperti ini,” ujarnya.

    Basnang menegaskan bahwa pesantren itu akan menyampaikan pentingnya tetap berada dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Secara historis, pesantren selalu berkomitmen pada NKRI, namun negara belum hadir bagi pesantren di daerah perbatasan.

    Ia juga menjelaskan bahwa pesantren di daerah perbatasan dari segi kurikulum hampir sama dengan pesantren di Jawa. Itu akademik dan kurikulum. Namun sarana dan prasarana memang tidak sama, sehingga Kemenag memberikan bantuan meski tidak banyak nilainya namun setidaknya berusaha meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pondok pesantren di daerah perbatasan.



    https://www.republika.co.id/berita/qz44ry366/kemenag-bantu-50-pesantren-di-perbatasan