Kemenag: Nota Diplomatik Arab Saudi Belum Ungkap Rincian Persyaratan Umroh Jemaah Indonesia

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Nota diplomatik yang disampaikan oleh Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia belum memberikan gambaran rinci tentang persyaratan dan protokol yang harus diikuti oleh jemaah dari Indonesia.

    Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan nota diplomatik itu hanya memberikan gambaran umum tentang pelaksanaan umrah.

    “Masih bersifat umum, tapi sudah ada gambaran umum seperti karantina. Sudah diinformasikan,” kata Hilman saat live Instagram bersama IDN Times, Selasa (12/10/2021).

    Saat ini, kata Hilman, Pemerintah sedang menjajaki persyaratan dan berbagai aspek terkait umrah.

    Langkah ini diambil sebagai tindak lanjut dari diterimanya nota diplomatik dari Pemerintah Arab Saudi.

    “Detailnya belum ada. Pemerintah akan jajaki dalam beberapa hari ke depan untuk memastikan seperti apa pedomannya, apa protokolnya. Apa modelnya, persyaratannya, dokumennya,” kata Hilman.

    Baca juga: Pimpinan DPR Sebut Pembukaan Umrah Bukti Arab Saudi Yakin Indonesia Mampu Tangani Covid-19

    Hilman mengatakan, nota diplomatik tersebut merupakan tindak lanjut dari surat yang dikirimkan pemerintah Indonesia terkait umrah.

    “Ada pemberitahuan kemungkinan pelaksanaan prokes yang harus dipatuhi. Ada kemungkinan karantina, tapi tidak ada detailnya,” kata Hilman.

    Seperti diketahui, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengumumkan bahwa Pemerintah Arab Saudi kembali membuka penyelenggaraan umrah bagi jemaah haji Indonesia.

    Retno mengatakan hal itu disampaikan Pemerintah Arab Saudi melalui nota diplomatik di Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 8 Oktober 2021.

    “Nota diplomatik KBRI Jakarta pada tanggal 8 Oktober 2021 telah menyatakan sebagai berikut, KBRI telah menerima informasi dari pihak-pihak yang berwenang di Kerajaan Arab Saudi mengenai aturan dimulainya kembali umrah bagi jemaah umrah Indonesia,”​ ​kata Retno, yang disiarkan Channel YouTube MoFA Indonesia, Sabtu (9/10/2021).

    Pengarang: Fahdi Fahlevi

    Editor: Johnson Simanjuntak



    https://www.tribunnews.com/nasional/2021/10/12/kemenag-nota-diplomatik-arab-saudi-belum-beberkan-detail-persyaratan-umrah-jemaah-indonesia