Kemendes PDTT: Transmigrasi Cara Sukses Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Ketahanan Pangan

TRIBUNNEWS.COM – Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Taufik Madjid menjelaskan, program transmigrasi ikut serta dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hal tersebut disampaikan Taufik saat memberikan arahan kepada Forum Komunikasi Daerah Sumatera tentang Transmigrasi tahun 2021 di Balai Makarti Muktitama Jakarta pada Selasa (20/4/2021).

Dilansir situs resmi kemendesa.go.id, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini tengah fokus merevitalisasi 52 kawasan transmigrasi yang telah ditetapkan sebagai prioritas nasional.

Revitalisasi ini dilakukan untuk memaksimalkan pengembangan kawasan transmigrasi yang sudah terbangun.

“Program Transmigrasi diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemulihan perekonomian nasional melalui agenda ketahanan pangan nasional, swasembada pangan dan kedaulatan pangan nasional,” jelas Taufik.

Baca juga: Dugaan Jabatan Jual Beli Kementerian Kesehatan, PDTT, Repdem: Kalau Benar Presiden Harus Lepas Menteri

Baca juga: Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Kesehatan untuk Bekerja Sama dengan UINSA

Jangan Bangun Area Baru

Menurut Taufik, salah satu kebijakan yang diambil untuk mensukseskan program ini adalah dengan tidak membuka dan membangun kawasan transmigrasi baru.

“PDTT Kemenkes tidak akan membuka daerah baru, apa ada revitalisasi pengembangan daerah yang sudah ada,” jelas Taufik.

Kebijakan ini diambil karena revitalisasi kawasan transmigrasi dilakukan sehingga paradigma transmigrasi bukan sekedar program yang dilakukan untuk memindahkan penduduk dari satu daerah ke daerah lain.

Tapi itu juga memindahkan berbagai peralatan yang dibutuhkan, seperti teknologi, ke pasar yang masif.




Source