Kemenkop UKM: Bantuan UMKM Rp 1,2 Juta Sudah Disalurkan

    Hingga 1 April 2021, bantuan Kemenkop UMKM sudah disalurkan kepada 6,6 juta penerima.

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Program untuk Pelaku Usaha (BPUM) 2020 kembali dilanjutkan tahun ini dengan alokasi 12,8 juta penerima. Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan hingga 1 April 2021, bantuan sudah disalurkan kepada 6,6 juta penerima.

    “Terhitung mulai 1 April, validasi data sudah dilakukan di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan sudah didistribusikan kepada kurang lebih 6,6 juta pelaku usaha mikro dengan anggaran Rp 7,9 triliun,” kata Deputi Bidang Usaha Mikro Bidang Usaha Mikro. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Eddy Satriya dalam jumpa pers. , Selasa (6/4).

    Ia menjelaskan, penyaluran BPUM tahun ini terbagi dalam dua tahap. Tahap pertama akan diberikan kepada 9,8 juta penerima. Mereka adalah penerima BPUM 2020 dan juga masyarakat yang telah mendaftarkan diri pada program BPUM 2020 dan telah tervalidasi namun belum mendapatkan bantuan tersebut.

    Adapun tahap kedua yaitu penyaluran untuk 3 juta penerima yang merupakan penerima baru. Eddy mengatakan, pendaftaran penerima baru masih dibuka hingga saat ini.

    Menurut Eddy, pihaknya masih menyelesaikan selisih 3,2 juta data penerima untuk pencairan tahap pertama yang ditargetkan selesai akhir bulan ini.

    “Dalam mencapai target penyaluran 9,8 juta penerima, Kemenkop UKM sudah mempublikasikan data tambahan, tentunya selisih 3,2 juta dari usulan instansi yang membidangi koperasi dan UKM. Diharapkan bisa masuk akhir April. untuk proses kami selanjutnya, “ucapnya.

    Lebih lanjut, untuk pendistribusian tahap kedua, Eddy mengatakan hingga saat ini anggaran belum tersedia. Pasalnya, program BPUM 2021 akan berlangsung hingga kuartal ketiga 2021.




    Source