Kemenkum HAM Pindahkan 2 Pengedar Narkoba ke Nusakambanganambang

Sebelum dipindahkan petugas menggeledah kedua napi terlebih dahulu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kembali memindahkan dua narapidana kategori pengedar narkoba dari Lapas Kelas I Cipinang ke Lapas Kelas I Batu Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Mereka tergerak untuk membangun.

“Kedua narapidana tersebut dipindahkan untuk mengikuti pelatihan lebih lanjut,” kata Kepala Lapas Kelas I Cipinang Tonny Nainggolan dalam keterangan tertulis dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan pemindahan narapidana ke penjara “keamanan super maksimum” adalah komitmen pemasyarakatan untuk memberantas perdagangan gelap narkoba. Pemindahan kedua terpidana narkotika tersebut berdasarkan surat dari Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta nomor: W.10.PK.01.01.02-519 tanggal 19 Juli 2021.

“Dua terpidana kasus narkoba dipindah, yakni AA dan RG,” kata Tonny.

Sebelum dipindahkan, petugas lapas dibantu polisi terlebih dahulu menggeledah kedua napi tersebut. Tujuannya adalah untuk memastikan mereka bebas dari barang-barang terlarang. Pemindahan kedua napi tersebut juga diawasi ketat dengan melibatkan empat personel dari Polres Jatinegara dan empat petugas Lapas Klas I Cipinang. “Proses pemindahan kedua napi berjalan lancar dan aman dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Dengan pemindahan kedua napi tersebut, total ada 671 pengedar narkoba yang dipindah ke Nusakambangan pada periode 2020 hingga Selasa (20/7). Sejak tahun 2020 hingga Mei 2021, lembaga pemasyarakatan juga telah berhasil menggagalkan 286 kasus penyelundupan narkoba ke dalam Lapas dan Rutan yang dilakukan dengan berbagai modus.

sumber : Antara



https://www.republika.co.id/berita/qwjt03377/kemenkumham-pindahkan-2-napi-bandar-narkoba-ke-nusakambangan