Kemensos-Kedubes Palestina Perlu Koordinasi Donasi

    IHRAM.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Zainulbahar Noor menyampaikan apresiasi atas penggalangan dana yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk membantu rakyat Palestina. Namun, dia mengingatkan bahwa dana yang terkumpul perlu diberikan kepada instansi resmi untuk menghindari pelanggaran atau penyelewengan.

    Zainul mengatakan dana yang terkumpul untuk membantu rakyat Palestina memang bisa disalurkan melalui yayasan atau perorangan, baik yang ada di Indonesia maupun yang ada di Palestina. Namun kata dia, jika hal itu dilakukan, akan sulit memastikan dana tersebut tersalurkan dengan baik.

    Dengan kondisi seperti itu, menurut Zainul, Kementerian Sosial (Kemensos) juga perlu berkoordinasi dengan Duta Besar Palestina di Indonesia. Kemensos perlu banyak berdiskusi dengan Dubes Palestina di Indonesia, ujarnya Republika.co.id, Minggu (6/6).

    Zainul juga menyarankan agar Kementerian Sosial membuat semacam prosedur penggalangan dana untuk Palestina. “Jika ingin lebih tertata dalam penghimpunan ini, Kemensos membuat prosedur (penggalangan dana untuk Palestina) yang terbuka bagi siapa saja (yang ingin berdonasi) tetapi mendaftarkan diri,” jelasnya.

    Lebih lanjut Zainul mengatakan sebaiknya penyaluran dana bantuan untuk Palestina melalui struktur pemerintahan yang ada di Palestina, dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Palestina di Indonesia. Diakuinya, terkadang ada anggapan jika dana tersebut diberikan kepada pemerintah Palestina, maka akan sulit untuk sampai ke Gaza yang dipimpin oleh Hamas.

    Menurut dia, hal ini seharusnya tidak menjadi masalah karena perbedaan tersebut pada akhirnya akan menyatukan. “Saya tidak khawatir tentang itu. Saya lebih suka menggunakan saluran seperti itu (melalui struktur pemerintahan di Palestina). Saya yakin mereka dapat dengan cepat mengetahui siapa penerimanya. Karena dengan saluran resmi, distribusi yang ditargetkan dapat dilakukan, ” dia berkata.

    Selain itu, Zainul menambahkan, cara pendistribusian lain yang bisa dilakukan adalah melalui KBRI Yordania. “Kalau mau lebih mudah, hubungi KBRI Yordania. Karena kerajaan Hasyimiyah Yordania merupakan bagian dari otoritas nasional Palestina,” ujar mantan Dubes RI untuk Yordania itu.

    Cara lain yang bisa dilakukan, lanjut Zainul, adalah dengan menyalurkan dana yang telah terkumpul ke lembaga filantropi yang resmi dan berpengalaman. Lembaga-lembaga tersebut seperti Baznas dan lembaga amil zakat nasional lainnya.

    “Karena kalau melalui lembaga yang polanya terstruktur, tentu ada mekanismenya. Misalnya kemarin Ustadz Adi Hidayat menitipkan Rp 6 miliar ke Baznas untuk dijadikan beasiswa (untuk Palestina),” ujarnya. .



    https://www.ihram.co.id/berita/qua3kn335/kemensoskedubes-palestina-perlu-koordinasi-soal-donasi