Kementerian Agama Lebak menetapkan Zakat Fitrah yang setara dengan Rp 30 ribu

    Batas minimal zakat fitrah di Lebak tahun ini Rp 30 ribu

    REPUBLIKA.CO.ID,

    Kementerian Agama Lebak menetapkan Zakat Fitri tahun ini setara Rp 30 ribu

    LEBAK – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, telah menetapkan nilai pembayaran zakat Fitrah tahun 1442 Hijriah sebesar Rp30 ribu per orang.

    “Penetapan zakat fitrah juga berdasarkan kesepakatan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Zakat Nasional (Baznas) setempat,” ujar Pejabat Syariah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak, Akhmad Fauzi, dalam sambutannya. Lebak, Jumat (9/4).

    Nilai pembayaran Zakat Fitri 2021 tidak mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp30 ribu per orang. Penetapan zakat fitrah juga berdasarkan hasil musyawarah yang melibatkan Kementerian Agama, MUI, dan Baznas di Kabupaten Lebak sesuai harga beras 3,5 liter.

    Karena itu, pihaknya meminta masyarakat membayar zakat fitrah melalui Unit Pengelola Zakat (UPZ) tingkat kecamatan. Namun, setiap pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN / PNS) diwajibkan membayar zakat fitrah dengan dua orang anak.

    “Kami berharap masyarakat dan ASN dapat melunasi kewajiban zakat fitrahnya,” ujarnya.

    Menurut dia, dari UPZ tingkat kecamatan, jika sudah terkumpul akan diserahterimakan kepada Baznas Kabupaten Lebak.

    Sebab, kata dia, penyaluran zakat menjadi kewenangan Baznas untuk disalurkan kepada para mustahik (penerima).

    Dimana mustahik penerima zakat antara lain fakir miskin, yatim piatu, ibn sabil, janda, jompo hingga mualaf.

    “Kami yakin dana zakat fitrah ini tentunya dapat meringankan beban ekonomi warga mustahik, khususnya dalam menghadapi Idul Fitri 1442 Hijriyah,” ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Baznas Kabupaten Lebak KH Pupu Mahpudin mengatakan, pembayaran zakat fitrah bisa dilakukan sebelum Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah. Membayar zakat fitrah adalah menyucikan diri, karena di dalam setiap harta benda ada orang lain.

    Dengan demikian, umat Islam wajib membayar zakat fitrah untuk pria dan wanita. “Seluruh dana zakat fitrah disalurkan kembali kepada orang-orang yang termasuk golongan mustahik,” ujarnya.

    sumber: Antara




    Source