Kementerian Kesehatan Kirim Tim Bantu Korban Banjir di Flores Timur

Respon Kementerian Kesehatan untuk bergerak cepat ke lokasi bencana juga sesuai arahan Presiden

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG – Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, pihaknya telah memberangkatkan tim ke lokasi banjir bandang dan longsor di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Dante mengaku sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) agar bisa mendatangi lokasi yang membutuhkan bantuan.

“Begitu ada banjir bandang di Flores Timur, kami langsung lakukan aksi tabrakan melibatkan BNPB dan Kementerian Kesehatan, ”kata Dante saat melakukan kunjungan kerja ke RSUP M Djamil Padang, Selasa (6/4).

Respon Kementerian Kesehatan untuk bergerak cepat ke lokasi bencana juga sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Dimana Presiden Republik Indonesia berpesan agar ada lebih banyak pelayanan kesehatan di daerah bencana.

Selain menangani korban bencana, tim dari Kementerian Kesehatan lanjut Dante juga membantu menangani pandemi Covid-19 bagi masyarakat sekitar. “Kami memberikan bantuan kesehatan yang tidak terkait langsung dengan banjir bandang. Tapi kami juga menjalankan protokol kesehatan agar tidak ada percepatan Covid-19 di sana (lokasi bencana) yang semakin meluas,” kata Dante.




Source