Kementerian Perhubungan Pastikan 3 Bandara di Jawa Timur Tak Tergempa Gempa

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan pengoperasian bandara di wilayah Jawa Timur tidak berdampak pada gempa yang terjadi di Barat Daya Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4/2021).

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan dan tidak ada bandara yang terkena gempa.

Novie menjelaskan, bandara di Jawa Timur, yakni Bandara Abdul Rachman Saleh Malang, Bandara Internasional Juanda Surabaya, dan Bandara Jember Notohadinegoro tidak terdampak gempa.

“Seluruh bandara sudah kami cek, dan fasilitasnya masih normal. Kemudian aktivitas penerbangan tidak terganggu,” kata Novie saat dikonfirmasi, Minggu (11/4/2021).

Sementara itu, PT Angkasa Pura I (Persero) juga memastikan Bandara Juanda yang terletak di Surabaya tetap beroperasi normal pascagempa.

Baca juga: Pasca Gempa Malang, Polisi Siber Polda Jawa Timur Pantau Langsung Penyebaran Informasi di Dunia Maya

Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan mengatakan tidak ada kerusakan sama sekali akibat gempa yang diperkirakan 6,7 skala richter (SR) itu.

“Terkait gempa 6,7 ​​SR yang berpusat di barat daya Kabupaten Malang dan gempa dirasakan di Surabaya sekitar pukul 14.00 WIB Sabtu 10 April 2021,” kata Handy.

Episentrum gempa yang diketahui berada di selatan Jawa ini dirasakan di beberapa daerah, termasuk di Kota Surabaya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri melaporkan gempa kembali terjadi di Malang, Jawa Timur dan sekitarnya pada Minggu (11/4/2021) pagi tadi.




Source