Kementerian Pertanian Maksimalkan Lahan di Dadahup Mendukung Food Estate

REPUBLIKA.CO.ID, KAPUAS – Salah satu lokasi Food Estate Kalimantan Tengah berada di Desa Shape Jaya (Blok A5), Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas. Luas tanah di Kecamatan Dadahup sendiri mencapai 2.000 ha. Sedangkan untuk Food Estate di Blok A5 seluas 1.000 ha.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pada 2021 Kementerian Pertanian akan terus berupaya menambah lahan food estate. “Dengan adanya Food Estate kita ingin menjaga ketahanan pangan. Oleh karena itu, pada tahun 2021 kita akan berusaha menambah luas lahan Food Estate. Tentunya kita sedang mencari lahan yang sesuai kriteria dan dapat mendukung peningkatan produktivitas,” ujarnya, Selasa. (6/4/2021). ).

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy menegaskan hal itu.

“Di lokasi Food Estate di Desa Shape Jaya (blok A5), saat ini telah terjadi peningkatan luas lahan yang ditanami padi, yaitu di lokasi yang kondisi muka air tanahnya memungkinkan untuk ditanami padi. ” dia berkata.

Sarwo Edhy menambahkan, sejalan dengan itu, Kementerian PUPR juga terus menata infrastruktur irigasi berupa rehabilitasi jaringan dan pembangunan gedung di Wilayah Irigasi Rawa Dadahup agar dapat mengelola pengelolaan air secara lebih terkendali.

“Sinergi Kementerian Pertanian dan Kementerian PUPR dalam hal pengelolaan lahan dan budidaya serta penataan irigasi akan meningkatkan optimalisasi penggunaan lahan pertanian dan pengelolaan air irigasi untuk mencapai luas tanam dan produksi padi di seluruh lahan food estate”. dia berkata.




Source