Kenali perbedaan antara Secretome Therapy dan Stem Cell Therapy pada Covid-19 dan manfaatnya

    Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Setelah mendengar tentang stem cell atau sel punca sebagai pengobatan Covid-19, kini muncul istilah secretome.

    Jadi apa perbedaan antara keduanya? Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Andi Khomeini Takdir Sp PD, keduanya saling berkaitan.

    Hingga saat ini, penelitian terkait pengobatan Covid-19 masih terus dilakukan. Stem Cell merupakan salah satu pengobatan alternatif yang dapat dipikirkan.

    Sel-sel ini memiliki kemampuan untuk meregenerasi kerusakan pada tubuh. Jadi, bisa memperbaiki beberapa organ tubuh. Namun, kata dr Andi, terapi ini bukanlah pengobatan yang murah.

    Baca juga: Panglima TNI Pakai Secretome untuk Booster Vaksin Sinovac, Ini Penjelasan Dokter Pribadinya

    “Kalau begitu pikirkan tentang terapi sekret. Apa bedanya dengan sel punca? Sel punca itu analog dengan orangnya, kalau dianalogikan seperti itu. Kalau sekretom itu hasil metabolitnya,” kata dr Andi dalam talk show virtual, Kamis (23/9/2021).

    Baca juga: Orang dengan penyakit penyerta disarankan untuk tetap minum obat secara teratur saat terpapar Covid-19

    Sekretom merupakan sel yang memiliki kemampuan imunomodulator karena mampu mensekresi molekul anti inflamasi IL-10.

    Molekul ini bersifat anti inflamasi yang berperan dalam mengurangi inflamasi atau badai sitokin akibat infeksi, termasuk badai sitokin akibat infeksi Covid-19.

    Baca juga: Benarkah pemberian obat justru memicu badai sitokin? Berikut Penjelasan Dokter

    Hingga saat ini terapi ini belum banyak dilakukan di Indonesia, belum memasuki tahap terapeutik dalam protokol terapi Covid-19.

    Beberapa komponen secretome tersebut memang dinilai mampu menyembuhkan kerusakan organ tubuh pasien Covid-19. Ini bisa membantu pasien Covid.



    https://www.tribunnews.com/kesehatan/2021/09/24/mengenal-perbedaan-terapi-secretome-dengan-stem-cell-pada-covid-19-beserta-manfaatnya