Kepabeanan Berperan dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

    Kepabeanan memainkan peran utama dalam perdagangan, FDI dan pertumbuhan ekonomi

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perdagangan merupakan faktor yang sangat penting bagi perekonomian suatu negara, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh negara di dunia. Pandemi Covid-19 telah memukul perekonomian banyak negara dengan keras, karena aktivitas ekspor-impor yang berkurang drastis dan perdagangan yang menurun.

    Seperti diketahui, perekonomian Indonesia mengalami tekanan, mulai dari triwulan II 2020 saat pandemi mulai masuk ke Indonesia (dari 2,7 menjadi -5,32, turun sekitar 8 persen). Namun, Indonesia mampu menahan perekonomian hingga mendekati zona positif di 0,74 pada triwulan I 2021 dan akhirnya mencapai 7,07 pada triwulan II 2021, dengan tingkat inflasi yang sedikit meningkat (dari 1,43 menjadi 1,48). Ini merupakan indikator yang baik bagi perekonomian Indonesia.

    Dalam seminar bertajuk “Pengaruh Ekspor dan Impor Terhadap Pertumbuhan Ekonomi”, Selasa (28/9), Asisten Ahli Menteri Keuangan Bidang Perindustrian dan Perdagangan Internasional, Kiki Verico mengatakan selain didorong oleh anggaran negara atau pemerintah. konsumsi, pertumbuhan ekonomi domestik juga ditopang oleh ekspor dan ekspor. impor, termasuk investasi.

    Ketiganya menjadi penopang saat perekonomian Indonesia mengalami kontraksi atau penurunan. “Sekarang ketika ekonomi sedang naik, peran besar lainnya datang dari APBN dan ekspor impor. Jadi bisa dikatakan dalam kondisi kritis atau tidak, yang mendorong pertumbuhan ekonomi jelas ekspor, impor dan penanaman modal asing (foreign direct investment). PMA),” katanya.

    Kiki juga menyebutkan, sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dalam konteks ekspor, impor, dan FDI, pemerintah memiliki tujuh strategi. Pertama, memiliki orientasi ekspor. Impor adalah untuk ekspor. Hal ini telah dilakukan di Indonesia dengan adanya fasilitas kawasan berikat dan kemudahan impor untuk tujuan ekspor (KITE).

    “Kedua, harus masuk akal. Indonesia bermasalah dengan proteksi impor. Kalau kita tidak memikirkan kebijakan strategis, pertumbuhan ekonomi kita tidak akan optimal. Ketiga, pentingnya infrastruktur selain menarik investasi, infrastruktur yang baik juga mengurangi logistik. biaya,” katanya. .



    https://www.republika.co.id/berita/r0crr5349/bea-cukai-ambil-peranan-dalam-peningkatan-pertumbuhan-ekonom