Kesadaran Publik Menentukan Keberhasilan Aturan Mencegah Penyebaran Covid-19

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR Nurhadi mendukung langkah pemerintah memperketat persyaratan perjalanan menjelang pelarangan mudik Lebaran 2021.

    “Jangan sampai lonjakan kasus Covid-19 seperti yang terjadi di India benar-benar mengkhawatirkan. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia harus melakukan berbagai cara untuk mencegah penyebaran virus corona,” kata Nurhadi saat dihubungi, Jumat (23/4). / 2021).

    Menurut dia, pengetatan persyaratan perjalanan dengan melampirkan informasi negatif Covid-19 harus didukung semua pihak, agar bulan Ramadhan tidak menjadi waktu penyebaran virus yang masif.

    “Kebijakan pemerintah ini berhasil atau tidak, tergantung juga pada kesadaran seluruh lapisan masyarakat untuk tidak kembali ke kampung halaman alias tidak mudik pada lebaran kali ini,” terangnya.

    Politisi NasDem itu juga meminta pemerintah terus mensosialisasikan larangan mudik kepada masyarakat.

    Jika ada perubahan kebijakan, kata Nurhadi, pemerintah harus segera menyampaikannya kepada publik agar tidak menerima informasi palsu (hoax) dari sumber ilegal.

    “Pemerintah daerah juga harus melakukan langkah yang sama seperti pemerintah pusat untuk memperketat pergerakan masyarakat,” ujarnya.

    Selain pengetatan dan penghapusan mudik WNI di Tanah Air untuk mencegah penularan Covid-19, Nurhadi mengatakan, penting juga bagi pemerintah untuk menutup masuknya Warga Negara Asing (WNA) yang kasus Covid 19 di negaranya sedang berada. meningkat, seperti di India.

    “Saya juga berharap masyarakat tidak terlalu euforia setelah vaksinasi, selain itu proses vaksinasi harus terus berjalan,” ujarnya.

    Baca juga: Warganegara India Serang Indonesia Saat Kasus Covid-19 Melonjak, AP II Perketat Pengawasan Bandara

    “Masyarakat harus patuh pada tata tertib kesehatan. Di India kasusnya meningkat karena masyarakat mengabaikan tata tertib kesehatan, bahkan di tempat umum jarang memakai masker,” lanjut Nurhadi.




    Source