Kesehatan Tulang pada Lansia, Rahasia Aktif Sejak Muda, Yoga Direkomendasikan

TRIBUNNEWS.COM – Aktif sejak usia muda membuat sistem gerak tubuh seperti tulang, persendian, dan otot dapat berfungsi dengan baik, bahkan hingga usia lanjut.

Selain itu, aktif juga merupakan investasi kesehatan di masa depan untuk menghindari risiko tertular penyakit tidak menular.

Yoga merupakan salah satu aktivitas gerakan yang dianjurkan.

Sebab, menurut dokter spesialis Kedokteran Olahraga dr. Angelica Anggunadi, SpKO., Yoga merupakan olahraga dengan intensitas rendah yang aman untuk dilakukan semua orang. Termasuk para lansia.

Melakukan yoga secara teratur akan mengasah fokus, serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Dari segi kesehatan, yoga bermanfaat untuk membuat otot lebih kuat serta meningkatkan kelenturan dan keseimbangan dalam tubuh.

Menurut penelitian dalam International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity 2019, yoga bahkan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang (termasuk lansia) karena dapat mengurangi depresi (stres dan kecemasan), meningkatkan kualitas tidur, serta meningkatkan kebugaran dan mobilitas. .

Agar manfaat yoga dapat diterima tubuh secara optimal, diperlukan persiapan yang baik, termasuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing.

Baca juga: Manfaat Yoga Wajah untuk Kesehatan Kulit Wajah

Misalnya, dukungan berbagai asupan nutrisi yang dapat mendukung kekuatan tulang, sendi dan otot seperti kalsium, kolagen, vitamin C dan protein, serta nutrisi tambahan seperti magnesium, seng, dan kalium untuk lansia.

“Untuk mengurangi risiko cedera akibat yoga, sangat penting bagi setiap orang untuk melakukan berbagai gerakan yoga sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Jangan memaksakan diri jika merasa sakit saat mencoba melakukan suatu gerakan,” ujar dr. Angelica Anggunadi.

Ilustrasi Yoga (Dok. Aviair Indonesia)



https://www.tribunnews.com/lifestyle/2021/06/22/tulang-sehat-di-masa-lansia-rahasianya-aktif-bergerak-sejak-muda-olahraga-yoga-disarankan