Ketua DPD RI Berduka Atas Korban Longsor Tapanuli Selatan

TRIBUNNEWS.COM – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan belasungkawa atas bencana longsor di proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru, Desa Marancar Godang, Tapanuli Selatan.

Bencana yang terjadi akibat hujan deras, Kamis (29/4/2021) malam, diduga menimbun 12 orang, terdiri dari 9 warga dan 3 pekerja proyek PLTA Batang Toru. Tim SAR gabungan sendiri telah menemukan 3 korban dalam kondisi meninggal dunia.

“Saya sangat berduka atas kejadian longsor di Tapanuli Selatan. Semoga para korban yang meninggal dunia memiliki tempat terindah di sisi Allah SWT,” kata LaNyalla, Sabtu (1/5/2021).

Senator Jawa Timur itu berharap proses evakuasi yang dilakukan tim SAR, BPBD, TNI / Polri bisa bergerak cepat dalam mencari korban.

Alumni Universitas Brawijaya Malang ini juga meminta agar Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan waspada dalam memberikan bantuan kepada warga.

Mitigasi bencana juga perlu ditingkatkan sebagai langkah antisipatif, jelasnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan memastikan longsor di areal PLTA Batang Toru di Desa Wek 1, Kecamatan Batang Toru murni bencana alam, bukan sabotase atau aksi manusia. Longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi di sekitar kawasan tersebut selama tiga hari berturut-turut.




Source