Ketua DPD RI Review Pusat Komando Sumedang

    TRIBUNNEWS.COM – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meninjau Posko Pemkab Sumedang yang terletak di Lantai III Gedung Induk Sekretariat Komplek Pemkab Sumedang, Sabtu (21/8/2021).

    LaNyalla berharap percepatan transformasi digital di Kabupaten Sumedang berjalan seiring dengan peningkatan kesejahteraan warga.

    “Saya melihatnya sangat bagus, menjadi solusi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang menuntut serba cepat. Tapi tentu saja keluaran atau yang akan kita lihat nanti adalah hasilnya. Semoga dapat mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sumedang,” ujar LaNyalla.

    Dalam paparannya Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menjelaskan bahwa: data besar di Command Center tidak hanya menyajikan data secara digital tetapi digunakan sebagai informasi untuk pengambilan kebijakan.

    “Jadi bukan hanya pemantauan CCTV. Sangat lengkap. Kami menggunakan data untuk mengambil keputusan berdasarkan fakta, pengetahuan, wawasan, dan kebijaksanaan,” dia berkata.

    Berbagai aplikasi terkait pelayanan publik dan pemerintahan telah terintegrasi di Command Center. Mulai dari e-Office, e-Sakip, Markonah, Mauneh, Maijah, Mauti, Amari, Tahu Sumedang, dan Sitabah.

    “Data disajikan secara lengkap” dengan nama dengan alamat,” kata Doni.

    Ia menambahkan, pemanfaatan teknologi informasi berguna untuk mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan yang efektif.

    Di Command Center juga ada evaluasi pegawai, mulai dari sekretaris daerah hingga staf angkatan I. Sehingga dapat digunakan untuk menentukan karyawan terbaik tanpa pengujian lebih lanjut.

    Keuntungan lain adalah aplikasi kantor elektronik, sistem pencegahan stunting, perizinan, pariwisata dan lain-lain.



    https://www.tribunnews.com/dpd-ri/2021/08/21/ketua-dpd-ri-tinjau-command-center-sumedang