Ketua DPR Minta Ulama Tingkatkan Ibadah di Rumah Saat Idul Adha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak tokoh agama untuk turut mensosialisasikan pelaksanaan Idul Adha yang aman, mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat, serta sesuai dengan semangat PPKM Darurat.

“Idul Adha tahun ini kita masih dalam rangka pelaksanaan PPKM Darurat. Oleh karena itu, saya mohon kepada para tokoh agama membantu pemerintah untuk mengajak masyarakat beribadah dari rumah bersama keluarganya,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Senin (7/7). (19/2021).

Perayaan Idul Adha jatuh pada 20 Juli 2021, saat PPKM Darurat masih berlaku di Jawa dan Bali, serta wilayah peruntukan lainnya.

Puan memahami bahwa umat Islam sudah mendambakan bisa menunaikan shalat Idul Adha di masjid.

Namun, di masa pandemi yang masih berbahaya ini, masyarakat dihimbau untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan diri dan keluarganya.

“Saya sangat paham bahwa umat Islam sudah rindu untuk shalat berjamaah di masjid, ingin menunaikan shalat Idul Adha di masjid. Percayalah saya juga merasakan hal yang sama. Tapi kita harus sadar bahwa keluarga yang kita cintai, diri kita sendiri. terancam. Bahaya penularan Covid-19 mengintai, dan kita sangat mungkin menjadi korban,” kata Puan.

Baca juga: PPKM Darurat, Diagnostik Lab Uji PCR 2.900 Spesimen Per Hari

Potensi penularan virus Corona lebih tinggi karena penyebaran varian Delta yang memiliki tingkat penularan tujuh kali lebih tinggi. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan jika masyarakat di zona merah berkumpul dalam jumlah besar.

“Ingat, anak-anak di bawah usia 12 tahun tidak boleh divaksinasi. Orang tua kita lebih rentan terhadap virus karena usia lanjut mereka. Jangan sampai mereka menjadi korban Covid-19 selanjutnya, ayo cintai keluarga,” kata Puan.

Oleh karena itu, ia meminta para pemuka agama untuk mengajak masyarakat beribadah di rumahnya masing-masing, sekaligus memberikan pembekalan tata cara beribadah yang tetap sesuai syariat.

“Saya menyarankan agar family gathering dan gathering bisa dilakukan secara virtual. Ini juga yang saya dan keluarga terapkan. Mungkin terasa berbeda, tapi percayalah jika hari ini kita mau disiplin menahan diri, besok akan tiba saatnya kita bertatap muka dalam keadaan sehat,” ujar perempuan yang pernah kuliah di FISIP Universitas Indonesia ini.



https://www.tribunnews.com/corona/2021/07/19/ketua-dpr-minta-pemuka-agama-sosialisasikan-ibadah-di-rumah-saat-hari-idul-adha