Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kaget ada pertanyaan soal ucapan salam Hari Raya kepada penganut agama lain saat tes ASN.

Laporan Jurnalis Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pimpinan Pusat Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) Yudi Purnomo Harahap kaget saat ada pertanyaan soal menyikapi ucapan selamat hari raya kepada umat beragama lain.

Pertanyaan ini muncul saat dia diwawancarai dalam Tes Wawasan Nasional (TWK).

TWK merupakan salah satu syarat status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana amanat Undang-Undang KPK Nomor 19 Tahun 2019 yang baru.

“Saya kaget saat ada pertanyaan apakah saya ingin mengucapkan selamat hari raya kepada umat beragama lain,” kata Yudi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/5/2021).

“Saya kira semestinya pewawancara mendapat informasi bahwa di KPK mengatakan selamat berlibur kepada rekan-rekannya yang merayakan adalah hal yang lumrah baik secara langsung maupun melalui grup WA (WhatsApp),” imbuhnya.

Yudi yang beragama Islam ini mengaku tidak hanya mengucapkan selamat hari raya pada agama lain.

Namun saat perayaan natal bersama pegawai di kantor KPK, ia hadir memberikan sambutan langsung selaku ketua Forum Pegawai KPK.

Baca juga: KPK hari ini memeriksa Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin

“Bahkan istri saya yang berjilbab diundang oleh saya dan kami disambut dengan hangat oleh teman-teman yang merayakan,” katanya.

Bahkan saat pandemi Covid-19 seperti saat ini, Yudi tetap memberikan salam virtual, karena tidak ada perayaan Natal langsung di markas KPK.




Source