Khabbab bin Arat Sering Menangis Mengingat Pesan Nabi

    Khabbab bin Arats tidak puas hanya dengan ibadah dan sholat.

    REPUBLIKA.CO.ID, Pada hari-hari pertama berdakwah, Khabbab bin Arat tidak merasa cukup hanya dengan beribadah dan sholat, namun ia juga memanfaatkan kemampuannya dalam mengajar.

    Dia mendekati rumah beberapa temannya yang percaya dan menyembunyikan Islam mereka karena takut akan kekejaman Quraisy, kemudian dia membacakan ayat-ayat Alquran untuk mereka dan mengajari mereka. Dia mencapai kemahiran dalam mempelajari Alquran yang diturunkan ayat demi ayat dan huruf demi huruf.

    Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan tentang dirinya, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa ingin membaca Alquran persis seperti yang diturunkan, biarlah dia meniru bacaan Ibn Ummi Abdin (Khabbab bin Arats)!”

    Hingga Abdullah bin Mas’ud menganggap Khabbab sebagai tempat bertanya tentang pertanyaan-pertanyaan terkait Alquran, baik tentang hafalan maupun pelajaran.

    Khabbab juga orang yang mengajarkan Alquran kepada Fatimah binti Khatthab dan suaminya Sa’id bin Zaid ketika mereka ditangkap oleh Umar bin Khatthab yang datang dengan pedang di pinggang untuk membuat perhitungan dengan Islam dan Rasulullah SAW.




    Source