Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengurus Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis) mengimbau masyarakat muslim untuk tidak mudik lebaran tahun ini karena pandemi Covid-19 masih melanda. Sangat mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 agar tidak berdampak lebih buruk.

Wakil Ketua Pengurus Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis) Jeje Zaenudin menjelaskan, mudik merupakan budaya religius yang mengandung berbagai sisi kemanfaatan. Misalnya persahabatan dengan kerabat di desa, membangun relasi sosial dan distribusi ekonomi.

“Namun jika ada faktor lain yang menghambat yang lebih berbahaya daripada manfaatnya, maka kami mendukung upaya pencegahan dampak yang lebih buruk dengan penyebaran Covid-19, yang mungkin disebabkan oleh arus mudik yang sangat masif,” ujarnya. Republika.co.id, Selasa (20/4).

Karena itu, Jeje juga mengajarkan kebijakan pemerintah yang melarang orang mudik. Menurutnya, jika dilihat dari kepentingan syariah dan nasional, larangan tersebut dapat diterima dan beralasan karena pemerintah bertanggung jawab atas keselamatan warganya.




Source