Khazanah Ramadan Republika

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Umat Islam akan menjalani Ramadhan tahun ini dalam suasana pandemi Covid-19. Sehubungan dengan hal tersebut, umat Islam diingatkan untuk mempersiapkan fisik, mental, dan spiritual untuk menyambut dan mengisi bulan suci Ramadhan secara maksimal.

    Wakil Ketua Pengurus Pusat Persatuan Islam (Persis) Ustadz Jeje Zaenudin juga berpesan agar umat Islam mempersiapkan diri secara maksimal menyambut bulan mendatang yang penuh berkah. Masyarakat diingatkan untuk mempersiapkan jasmani dengan menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani.

    “Terutama persiapkan mental dan spiritual dengan memperkuat ilmu dan keimanan agar bisa melaksanakan puasa dengan ikhlas dan sabar selama sebulan penuh,” ujar Ustadz Jeje saat diwawancara. Republika.co.id, minggu lalu.

    Ia mengatakan, puasa ibadah memang cukup berat menambah suasana pandemi Covid-19. Namun bobot puasa akan berubah menjadi kebahagiaan yang selalu dirindukan oleh mereka yang menjalaninya dengan pemahaman dan kesadaran akan nilai-nilai keutamaan dan keberkahan yang terkandung di dalamnya.

    Ustadz Jeje yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Seni dan Budaya ini menyampaikan pesan agar masyarakat bisa menyambut bulan Ramadhan dengan gembira dan semangat. Sehingga masyarakat harus membekali diri dengan pemahaman yang mendalam tentang rahasia, hikmah, dan keistimewaan yang akan didapat dengan berpuasa di bulan Ramadhan.

    Ustadz Jeje menjelaskan bahwa puasa Ramadhan memberikan kebaikan bagi kehidupan manusia di dunia dan akhirat. “Semangat dan kegembiraan hanya kita rasakan dalam menyambut sesuatu yang kita tahu nilai dan kegunaannya yang besar bagi kehidupan kita,” ujarnya.




    Source