Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ramadhan adalah bulan mengaji dan menghiasi waktu dengan membaca Alquran. Dengan membaca Alquran, itu seperti hidup bersama Nabi Muhammad, teman-temannya, dan generasi As-Sabiquna Al-Awwalun (orang-orang alim sebelumnya).

“Setiap ayat yang kita baca di bulan Ramadhan akan berlipat ganda pahalanya dan memberikan efek ketenangan spiritual kita,” kata Ustasz Syaifuddin Aman dalam bukunya. Hidangan Ramadhan Satu Bulan Bersama Nabi Menikmati Enaknya Inadah. Indahnya Munajat Manisnya Doa.

Ustadz Syaifuddin, orang yang membaca Alquran, mendapatkan kedudukan yang tinggi dan mulia. Rasulullah SAW berkata:

Dari Aisyah berkata, Rasulullah bersabda: Orang yang membaca Alquran dan membaca dengan baik, dia disatukan oleh Allah dengan duta yang mulia dan baik. (HR. Tirmizi).

Alquran adalah bacaan yang mulia dan mereka yang membacanya akan diberi keistimewaan. Membaca Alquran dengan suara yang bisa didengar oleh orang di samping kita.

“Jangan membaca dengan hati seperti membaca koran,” sarannya.

Ustadz Syaifuddin mengatakan lebih penting membaca Alquran yang sesuai dengan kaidah hafalan dan makhrijul huruf (pelepasan surat yang benar dari mulut). Karena makhluk sangat ingin mendengar pengajian Alquran, bahkan jin dan malaikat pun mendengarkannya.

“Ketahuilah bahwa Alquran akan menjadi pembela dan penolong orang-orang beriman di dunia sampai hari kiamat,” ucapnya.

Oleh karena itu jadikanlah Alquran sebagai teman saat sendirian, jadikanlah Alquran sebagai bacaan sambil menunggu, jadikanlah Alquran sebagai hidangan saat hatimu sedang gelisah. Menjadikan Alquran mengisi kekosongan jiwa saat bingung dan gelisah.

“Jadillah Alquran sebagai pelita hatimu saat kamu dalam kegelapan,” ucapnya.

Rasulullah melihat:

Sungguh, Alquran ini adalah hidangan yang lengkap dan enak dari Allah, jadi pelajari dan seraplah dengan penuh penghargaan atas apa yang telah Allah layani sekuat yang Anda bisa. Alquran ini adalah tali Allah, itu adalah cahaya yang nyata, obat yang bermanfaat, perisai bagi mereka yang tidak melekat padanya, penyelamat bagi mereka yang mengikutinya, tidak ada yang bengkok kecuali diluruskan, tidak ada yang miring kecuali itu dijunjung tinggi, dan jangan pernah habis mukjizatnya, maka bacalah Alquran karena sesungguhnya Allah membalas Anda setiap surat mendapat 10 kebaikan. Saya tidak mengatakan bahwa alif lam mim adalah satu huruf, tetapi alif adalah satu huruf, lam satu huruf dan mim adalah satu huruf. (HR. Al-Hakim).




Source