Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, EDMONTON – Warga Edmonton, Kanada, Moona Khan mengaku senang saat mendengar pengeras suara masjid mengumandangkan adzan selama Ramadan. Ketika saya mendengar itu, suara itu memasuki jiwa saya. Rasanya seperti tradisi Anda diterima di sini, “kata Khan kepada Canadian Press.

Azan adalah panggilan untuk mengumumkan masuknya waktu sholat wajib. Biasanya adzan dilarang disiarkan di kota-kota yang bising. Namun, banyak kota di Kanada telah mengizinkan masjid untuk menyiarkan azan melalui pengeras suara saat matahari terbenam selama Ramadhan.

Penasihat Komunitas dan Penjangkauan untuk Asosiasi, Yasin Cetin percaya bahwa menyiarkan azan adalah hal yang dibutuhkan Muslim Kanada untuk merayakan Ramadan. “Tantangannya adalah kita kehilangan ikatan komunal,” kata Cetin, duduk di luar Masjid Rahma, sebelah barat Edmonton, seperti dilaporkan Tentang Islam, Rabu (21/4).

Azan pertama di bulan Ramadhan dibacakan oleh Bilal Moumad (14 tahun) di Masjid Rahma. “Saya hanya ingin memastikan ada anak-anak di luar sana yang terinspirasi untuk mengaji. Beberapa anak pemalu dan saya ingin memberikan kekuatan itu kepada mereka, ”kata Moumad.

Ketika Khan mendengar suara Moumed untuk berdoa, dia berhenti di mobilnya bersama keluarganya. Suara Moumed berhasil membuatnya terkejut. “Ini sesuatu yang belum pernah saya dengar di Kanada,” katanya.

Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriah Islam yang memperingati turunnya Alquran kepada Nabi Muhammad. Umat ​​Muslim menanggung kelaparan dan kehausan dari fajar hingga matahari terbenam.




Source