Khazanah Ramadan Republika

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bisakah penderita diabetes berpuasa? Pertanyaan itu menggelitik. Mengacu pada ayat Alquran, orang sakit dibebaskan dari kewajiban berpuasa.

    Seseorang yang sakit dapat meninggalkan puasanya dan mengubahnya di lain waktu. Atau bayar fidyah jika Anda tidak bisa menggantinya.

    Hanya saja tidak semua orang mau menerima kelegaan itu. Penderita Diabetes Mellitus (DM) atau kencing manis sering bertanya kepada dokter tentang masalah ini. Mereka merasa sehat, apalagi jika kadar gulanya normal. Karenanya, tak sedikit pula yang ngotot berpuasa.

    “Di negara Islam, penderita diabetes sering bertanya, bisakah mereka berpuasa?” kata dokter Fereidoun Azizi dan Behnam Siahkolah dari Pusat Penelitian Endokrinologi Fakultas Kedokteran Universitas Shasheed Beheshti Iran dalam tulisannya yang berjudul Puasa Ramadhan bagi penderita diabetes melitus.

    Saat menjawab mereka mungkin tidak berpuasa, sabar bersikeras menjelaskan bahwa mereka merasa baik-baik saja. Dalam kondisi normal, kadar gula darah akan turun setelah beberapa jam berpuasa.




    Source