Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Menjelang Idul Fitri 1442 H, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung membuka posko di sembilan titik isolasi dalam arus mudik Lebaran mendatang. Pos isolasi terkait larangan mudik Lebaran oleh pemerintah pusat.

“Ada sembilan titik penyekat yang tersebar di berbagai polres di kawasan Polda Lampung,” kata Direktur Ditlantas Polda Lampung Kompol Donny Sabardi Halomoan Damanik di Bandar Lampung, Jumat (23/4).

Ia mengatakan, poin pemblokiran pelarangan mudik Lebaran itu sejalan dengan penetapan pemerintah pusat terkait perluasan larangan mudik dari 22 April hingga 17 Mei 2021.

Sembilan lokasi pemblokiran arus mudik tersebar di empat titik di Polres Lampung Selatan. Yakni terletak di akses menuju Pelabuhan Bakauheni. Wilayah Kepolisian Mesuji salah satunya. Kemudian batas Provinsi Lampung – Sumatera Selatan. Sedangkan di wilayah hukum Polda Lampung Barat terdapat dua titik, yakni perbatasan Provinsi Lampung – Bengkulu.

Kemudian di kawasan Polres Waykanan, satu titik berada di perbatasan Waykanan dan OKU Sumatera Selatan. Sedangkan di wilayah Polres Bandar Lampung satu titik ada di Pelabuhan Panjang

Donny menuturkan, setelah melakukan penelaahan dan evaluasi ada sembilan titik yang menjadi perhatian serius di posko pemblokiran arus mudik, lima di antaranya krusial, yakni di wilayah hukum Polda Lampung Selatan, sebanyak empat titik di lokasi terdepan. untuk kedatangan dan pemberangkatan pelabuhan ASDP Bakauheni.

Menurut dia, terhambatnya arus mudik di depan Pelabuhan Bakauheni karena masuknya kendaraan dari tol timur. Untuk itu, isolasi dilakukan di SImpang Hata, Lampung Selatan untuk menangkap kendaraan dari jalan lintas pusat.

Selain itu, juga terjadi penyumbatan di Pintu Tol KM 4 Bakauheni Selatan untuk menangkap kendaraan dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Kemudian dilakukan isolasi di Pelabuhan Pelabuhan Bakauheni untuk menangkap kendaraan yang mungkin lolos dari tiga titik pemblokiran sebelumnya.

Di area Polsek Mesuji, penyumbatan satu titik dilakukan di area kedatangan Provinsi Sumatera Selatan di JTTS KM 239, exit Pematang Panggang dan jalur Arteri menuju Palembang.

Pergerakan lalu lintas dari dan menuju Palembang-Lampung pada penutupan tol jalan tol dari Palembang menuju Lampung, semua kendaraan dilepas di pintu keluar Simpang Pematang. Untuk kendaraan yang memenuhi syarat menuju Lampung akan dimasukkan kembali di jalan tol menuju Lampung, untuk kendaraan yang dilarang akan diputar kembali ke Palembang melalui jalur arteri.

Sedangkan pemblokiran jalur arteri dari Palembang ke Lampung, kendaraan yang dilarang melintas akan diarahkan untuk berbelok ke jalur arteri di kawasan Simpang Pematang, Mesuji.




Source