Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Puasa dapat melindungi tubuh lahir dan batin. Ibn Qayyim berpendapat bahwa puasa memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam menjaga fisik anggota badan.

“Puasa juga memiliki kekuatan batin dan melindunginya dari faktor pencemaran yang merugikan. Jika pencemaran sudah menguasai dirinya, maka akan rusak,” kata Ibnu Qayyim seperti dikutip Candra Nila Murti Dewojati dalam bukunya. “Strategi Tepat Menggapai Lailatul Qadar”.

Secara fisik, menjalankan ibadah puasa dapat memperbaharui sel-sel dalam tubuh dan membuang sel-sel mati. Dengan berpuasa, Anda mendapat kesempatan untuk istirahat dan membersihkan lambung serta organ pencernaan dari sisa-sisa makanan yang tidak bisa dicerna di dalam tubuh.

“Selain itu, puasa memiliki manfaat untuk mengurangi lemak perut yang sangat berbahaya bagi jantung,” ucapnya.

Adapun kesehatan spiritual yang dihasilkan dari puasa adalah mendapatkan hidayah dari Allah SWT. Melindungi dari hinaan, hati tidak dipenuhi hasad (iri hati) dan juga dari penyakit syubhat dan nafsu buruk yang kini merajalela di masyarakat kita.

“Bahkan puasa pun mampu menyamakan derajat, karena yang membedakan derajat manusia adalah ketaqwaannya kepada Allah SWT,” tandasnya.

Candra mengatakan, Syekh Abdul Aziz Bin Baz memaparkan manfaat puasa. Dikatakannya, selain bermanfaat sebagai pembersih, pemurnian jiwa dari akhlak tercela dan sifat buruk, juga dapat membiasakan akhlak yang luhur.

“Suka sabar, suka menolong, murah hati, dan mengerahkan jiwa raga untuk bisa menjalani hal-hal yang diridhoi Allah SWT,” ujarnya.




Source