Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN – Pondok Ramadhan di berbagai lembaga pendidikan jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur pada bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah, kali ini fokus menghafal Alquran juz 30.

Hal itu dilakukan untuk memperkuat pemahaman dasar siswa tentang ajaran Islam. “Hal ini berdasarkan anjuran Bupati Pamekasan Baddrut Tamam agar generasi muda umat Islam memiliki pemahaman yang kuat tentang Alquran dengan menghafal banyak ayat Alquran,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pamekasan. ) Akhmad Zaini, Jumat (30/4).

Selama Ramadhan, semua institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Pamekasan wajib mengadakan Pondok Ramadhan untuk menghafal Alquran. Kegiatan yang merupakan pertama kalinya di Pamekasan ini kemudian akan menjadi kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan mendatang.

Selain menghafal ayat Alquran juz 30, siswa juga dibimbing untuk bisa menulis. Setiap sekolah diberi waktu minimal satu minggu untuk kegiatan Pondok Pesantren Ramadhan, dan hasilnya diminta untuk dilaporkan secara tertulis ke Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyatakan penting untuk membentuk generasi muda Alquran, mengingat Kabupaten Pamekasan sudah dikenal sebagai kabupaten yang memprioritaskan program pembangunan melalui Gerakan Pembangunan Islam. “Kita tidak ingin Gerbang Salam menjadi jargon saja, tetapi akan diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan sosial generasi muda kita. Salah satunya melalui program peningkatan pemahaman dan penghayatan Alquran,” pungkasnya. dia berkata.




Source