Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendorong pelaksanaan sholat Idul Fitri dilaksanakan dengan memperhatikan kondisi klasifikasi wilayah. Klasifikasi ini mencerminkan penyebaran pandemi Covid-19 di suatu daerah.

“Bagi jemaah atau masjid yang ingin tetap melaksanakan sholat Idul Fitri termasuk di lapangan perhatikan klasifikasi wilayahnya. Yang ingin sholat di tempat umum sebaiknya berada di daerah yang berada di zona hijau,” ujar Ketua Pelaksana. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Informasi dan Komunikasi. , KH Masduki Baidlowi, saat dihubungi Republika, Selasa (3/5).

Klasifikasi ini menurutnya sangat penting untuk mengetahui apakah kawasan tersebut termasuk dalam zona merah, kuning, atau hijau. Di area yang berada di zona merah disarankan untuk tidak melaksanakan shalat Idul Fitri di tempat umum.

Kiai Masduki menyampaikan bahwa antusiasme umat Islam untuk melaksanakan shalat Idul Fitri sangat besar. Namun, dikhawatirkan semangat ini bisa mengabaikan protokol kesehatan. Maka untuk menghindari kemungkinan tersebut dan berhati-hati, pengelolaan regulasi yang baik harus dilakukan.




Source