Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada enam hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit selama Ramadan. Hal tersebut diungkapkan pakar kesehatan bidang anti aging dari Universitas Udayana, dr. Cynthia Jayanto M. Biomed (AAM).

Pertama, cegah dehidrasi kulit dengan menjaga asupan minum yang cukup.

Anatomi kulit manusia terdiri dari tiga lapisan utama yaitu epidermis (luar), dermis dan subkutis yang sifatnya sangat fleksibel untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, baik kelembaban, suhu udara, maupun asupan.

Lapisan subkutis kulit terdiri dari jaringan ikat longgar yang mengandung sel lemak yang juga berfungsi sebagai cadangan makanan. Saat berpuasa, kulit Anda akan tetap terhidrasi karena sudah memiliki mekanisme anatomi untuk menjaganya tetap lembab. Namun, cadangan ini bisa berkurang atau hilang jika Anda tidak minum cukup cairan.

Cynthia menganjurkan agar Anda minum minimal delapan gelas per hari saat sahur dan berbuka puasa. “Cara meminumnya bisa dibagi tiap kali, agar tidak menimbulkan kembung,” tandasnya ANTARA melalui surat elektronik pada Sabtu (10/4).




Source