Khazanah Ramadan Republika

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Warga muslim di sejumlah desa di Pulau Ambon akan melaksanakan ibadah puasa 1 Ramadhan 1442 Hijriah sebelumnya, yakni pada Minggu 11 April dan Senin 12 April 2021.

    Berdasarkan pemantauan ANTARASabtu (10/4), warga muslim di lima desa di Kecamatan Leihitu dan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon berpuasa lebih awal dari yang ditetapkan Kementerian Agama. Warga Desa Wakal (Kecamatan Leihitu) dan Tengah Tengah (Kecamatan Salahutu) para imam dan pengurus masjid telah mendapatkan pemberitahuan jadwal puasa setelah salat Jumat, 9 April 2021.

    Warga muslim di dua desa ini akan melaksanakan puasa pada 1 Ramadhan 1442 Hijriah pada Minggu 11 April 2021 sehingga mereka telah melaksanakan sholat tarawih Sabtu (10/4) malam. Warga muslim di Desa Wakal menggelar sholat sunnah tarawih pertama berjamaah di Masjid Nurul Awal usai shalat Isya. Sedangkan salat tarawih di Desa Tengahtengah dipusatkan di Masjid An ‘Nima.

    Pada tahun sebelumnya, kedua desa juga melaksanakan puasa lebih awal dari yang ditetapkan Kementerian Agama. Jadwal penentuan puasa diatur oleh imam dan 12 pengrajin yang disebut sebagai pemimpin masjid, berdasarkan kalender falakiah kuno. Desa lain yang akan melaksanakan puasa dini adalah warga Desa Hila, Kaitetu dan Seith di Kecamatan Leihitu.




    Source