Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19. Masyarakat diperbolehkan untuk melaksanakan shalat tarawih sepanjang bulan Ramadhan dan layanan sholat Idul Fitri selama Idul Fitri.

Namun, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Robikin Emhas mengajak seluruh umat Islam untuk mematuhi tata tertib kesehatan saat melaksanakan sholat tarawih di bulan Ramadhan yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir dan menjaganya. sebuah jarak.

“Apalagi bagi mereka yang melakukan tarawih berjamaah di tempat ibadah. Jangan lupa mematuhi semua tata tertib kesehatan lain yang ditetapkan pengelola tempat ibadah,” ujar Robikin dalam keterangan tertulis yang diterima. Republika.co.id, Selasa (6/4).

Dijelaskannya, Ramadhan merupakan bulan yang memiliki banyak keutamaan. Oleh karena itu, ia berharap seluruh umat Islam dapat memanfaatkannya dengan memperbanyak amalan keagamaan, baik ibadah individu maupun sosial.

“Pandemi bukan menjadi kendala. Padahal dengan kondisi seperti ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadhan,” ujarnya.

Selain itu, menurut dia, Ramadhan juga merupakan momen yang tepat untuk melakukan introspeksi dan taubat global, sembari meminta agar pandemi segera berlalu. Oleh karena itu, menurutnya, perlu diperhatikan bahwa menjaga kesehatan dan keselamatan manusia juga merupakan perintah agama.

“Untuk itu, pelaksanaan ibadah saat pandemi jangan sampai mendorong lahirnya merugikan diri sendiri atau orang lain. Aturannya jelas, la dharara wa la dhirara,” kata Robikin.

Sebagai mukmin, imbuhnya, umat Islam harus meyakini bahwa bencana atau penyakit adalah rezeki dari Allah SWT. Namun, kata dia, agama mengajarkan manusia untuk selalu berusaha, baik sebelum bencana terjadi maupun sesudahnya.

“Antara lain dengan mematuhi tata tertib kesehatan. Mengabaikan tata tertib kesehatan dengan dalih shalat tidak dibenarkan oleh agama,” jelas Robikin.




Source