Khazanah Ramadan Republika

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU – Sebanyak 600 hafalan Alquran se-Kabupaten Indramayu menggelar Semaan dan Khotmil Quran Kubro. Ini untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini digelar oleh Pimpinan Cabang Jamiyyatul Qurra ‘wal-Huffazh Nahdlatul Ulama (PC JQH NU) Kabupaten Indramayu, di Masjid Islamic Center Indramayu, Jawa Barat, Minggu (11/4). Dalam ajang tersebut para hafiz dan hafidzoh berhasil mempraktekan 30 khataman. Selanjutnya shalat khotmil dilakukan dengan dipimpin oleh Manajer JQH NU Jabar, KH Lukman Hakim.

Ketua PC JQHNU Indramayu, Ahmad Sya’roni mengungkapkan bahwa semaan dan Khotmil Quran Kubro dimaksudkan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H.Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya spiritual agar Indramayu kelak. terbebas dari bahaya dan berdoa untuk terwujudnya Indramayu yang Bermartabat.

Sya’roni menuturkan, PC JQH NU Indramayu rutin menggelar Alquran semaan setiap minggu di beberapa zona. Kegiatan ini juga dilakukan setiap Jumat malam di Pendopo Bupati Indramayu. ” Semoga dengan diadakannya Semaan dan Khotmil Quran Kubro ini kita semua siap mental menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, ” kata Sya’roni.

Dalam sambutannya Bupati Indramayu melalui Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat Ahmad sangat mengapresiasi pelaksanaan Alquran Kubro Semaan dan Khotmil. Pasalnya, hal tersebut sejalan dengan salah satu visi Kabupaten Indramayu yang bermartabat, yakni unsur religiusnya. ” Pemerintah Kabupaten Indramayu sangat memperhatikan persoalan keagamaan, terutama terkait dengan shalat dan khotmil quran karena shalat para penghafal Alquran. bisa memperkuat upayanya untuk mewujudkan Indramayu yang bermartabat, ” kata Ahmad.

Manajemen JQH NU Jawa Barat, KH Lukman Hakim, dalam tausiyahnya memberikan motivasi untuk terus membaca Alquran. Ia juga menceritakan tentang sahabat Nabi Muhammad, Anas bin Malik. “ Anas bin Malik panjang umur, kaya, berpengetahuan luas, memiliki kedudukan yang mulia, dianugerahi anak-anak yang saleh dan dijamin masuk surga. Semua itu tercapai karena dia rutin membaca Alquran, ” kata Lukman.

Selain itu, lanjut Lukman, Anas bin Malik juga mengajak keluarganya dan warga lainnya untuk bersama-sama membaca Khotmil Quran. Ia menilai pemahaman kolektif Alquran dengan melibatkan banyak pihak juga disebut sinergi dan kolaborasi. “ Jadi kalau Indramayu mau maju bupati harus bekerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk penghafal Alquran, ” jelas Lukman.




Source