Khazanah Ramadan Republika

    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – UUmat ​​Islam memiliki berbagai adat istiadat untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Ada yang mendekorasi rumahnya, membeli berbagai sembako atau banyak budaya lainnya.

    Dai Ustadz Abdul Somad (UAS) yang terkenal memberikan beberapa pedoman bagi umat Islam untuk memaksimalkan Ramadhan, seperti yang dijelaskan UAS dalam video tersebut Youtube secara resmi. Menurutnya, penting bagi umat Islam untuk membersihkan diri. Pembersihan diri ini dilakukan untuk membersihkan hati dan secara fisik.

    Penting juga bagi seorang Muslim untuk mempersiapkan kebutuhannya selama Ramadhan. Kebutuhan tersebut antara lain makanan hingga perlengkapan ibadah menghadapi Ramadhan.

    “Belanja banyak, kalau masak kolak untuk istri, suami, anak, masak 10 porsi. Antar ke masjid ada yatim piatu, dhuafa, musafir untuk berbagi makanan,” ujarnya saat memberikan ceramah di Kecamatan Pelalawan. Pengadilan, Maret lalu.

    UAS menceritakan tentang kebiasaan masyarakat Mesir untuk mengadakan buka puasa gratis selama bulan Ramadhan. “Saya tidak pernah empat kali masak di bulan Ramadhan karena buka puasa, buka puasa di Mesir,” katanya.

    Limpahan ampunan dan keberkahan di bulan suci Ramadhan tentu membuat banyak orang berlomba-lomba berbuat kebaikan. Namun, menurutnya, perbuatan baik yang dilakukan selama Ramadhan sangat baik jika dilakukan di bulan-bulan lain.

    Integrasi itu penting, integritas terus berlanjut atau istiqamah, ujarnya.




    Source